728x90 AdSpace

Update
14 Maret 2020

Jaga Kondusivitas Kuningan, Pemuda Pancasila Apel Siaga


suarakuningan - Pemuda Pancasila sebagai salahsatu ormas harus turut menjaga kondusivitas di Kabupaten Kuningan. Untuk menegaskan hal tersebut, Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan melaksanakan apel siaga di halaman sekretariat MPC Pemuda Pancasila (PP) Jalan Aria Kamuning, Sabtu (14/3).

Harnida Darius SH, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan dalam apel siaga tersebut menugaskan kepada seluruh pengurus dan anggota Pemuda Pancasila di Kabupaten Kuningan. "Yang utama saya tegaskan: Jaga perut, Jaga rumah, Jaga Lembur. yang bermakna seluruh anggota Pemuda Pancasila harus sejahtera, tertib di lingkungan," ujar Kang Rida sapaan akrab Harnida Darius SH.

Dalam apel siaga dideklarasikan pernyataan sikap sebagai kritik sosial menghadapi beberapa persoalan yang berkembang di Kabupaten Kuningan.

Video: Jaga Kondusivitas Kuningan, PP Apel Siaga

Pertama, Pemuda Pancasila mendukung sepenuhnya revitalisasi taman kota, namun harus tetap pro rakyat, yakni untuk memperhatikan keberlangsungan nasib 128 Pedagang Kaki Lima.

Kedua, Mempertanyakan Pinjaman dana sebesar 1 (satu) milyar oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Kuningan Tahun 2019.
"Kita masyarakat heran juga sekretariat DPRD melalui Kasubbag Keuangan Aa Subagja menyampaikan tidak tahu menahu soal pinjaman tersebut. Wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat dan menggunakan uang rakyat harusnya menjelaskan kepada masyarakat. Mereka dipilih bukan hanya untuk diam," ujar Kang Rida.

Ketiga, Meminta kepada Inspektorat Kabupaten Kuningan dan Aparat Penegak Hukum untuk mengamati, mengkaji dan mengevaluasi menyangkut peminjaman, penggunaan dan pembayaran bunga pinjaman 10% yang diduga melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2005 Tentang Pinjaman Daerah.

Keempat, Meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk tidak terjebak kepada Diskursus Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Taman Hutan Raya (Tahura), tetapi lebih mengoptimalkan langkah-langkah preventif dan kuratif menyangkut konservasi Gunung Ciremai dan mengakomodir kepentingan ekonomi masyarakat di sekitar kaki Gunung Ciremai.

Persoalan polemik Taman Nasional dan Tahura jangan sampai terjebak menimbulkan pro kontra di masyarakat. "Pilpres ini sudah cape. Lalu masyarakat dihadapkan hal ini. Sebaiknya dibuatlah Forum Grup Diskusi (FGD) oleh pemerintah untuk mencerdaskan masyarakat. Kalau hanya disuarakan oleh legislatif, akan jadi langkah-langkah politik. Masyarakat tahu nya Gunung Ciremai bermanfaat bagi masyarakat, itu saja," tegasnya.

Kelima, PP mendukung seluruh kebijakan organisasi yang diputuskan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan, yang berhubungan dengan proses pemindahan sekretariat dan pembangunannya.

Lebih lanjut, Pemuda Pancasila menyoroti fenomena virus Corona."Saya tidak mau masyarakat terjebak dalam ketakutan, dimana hanya himbauan dari pemerintah untuk tidak adanya keramaian. bagaimana pasar yang setiap hari ramai? juga hajatan hajatan?" tanyanya.

"Negara harus hadir, sebaiknya pemerintah lebih nyata berperan misalnya dengan membagikan masker dan mensosialisasikan dengan jelas prosedur penangannnya. tidak sekedar menghimbau tidak berkumpul keramaian. Ini saatnya para wakil rakyat turun ke masyarakat untuk turut pula meng edukasi dengan jelas," tegasnya.

"Jika memang langkah yang harus dilakukan dalam mencegah virus Corona ni misal dengan kebersihan, kami siap ikut kegiatan tersebut. Jangan sampai, masyarakat mati karena stres bukan karena Corona," ujarnya.

Dalam proses revitalisasi taman kota, Pemuda Pancasila berharap pemerintah harus juga mempertimbangkan nasib seratusan pedagang kaki lima yang selama ini mengais rejeki di taman kota.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Jaga Kondusivitas Kuningan, Pemuda Pancasila Apel Siaga Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan