728x90 AdSpace

Update
22 Januari 2021

Karang Taruna Nusa Persada Sulap Limbah Jadi Berkah

suarakuningan.com - Limbah sampah seringkali menjadi persoalan yang sangat problematik, ia mempunyai dua sisi yaitu negative dan positif. Limbah akan terus menjadi limbah yang tidak berguna jika tidak dibarengi dengan kemampuan untuk merubahnya menjadi berkah. Seperti contohnya di tangan Karang Taruna Nusa Persada Desa Kalimanggiswetan.

Gerakan 3R yang kami lakukan bukan hanya dengan tujuan profit saja melainkan sebuah edukasi ke masyarakat sekitar bahwa tidak semua sampah adalah “sampah” melainkan itu sebuah ranah pengabdian dan penyadaran bahwa ada lebih banyak kesempatan yang bisa dilakukan dari daur ulang sampah.

Sampah yang mereka rubah menjadi kerajinan adalah sampah botol air mineral dan juga kaleng biscuit.

Botol Air mineral yang mereka kumpulkan disulap menjadi sofa nyaman yang sangat estetis untuk ditempatkan di rumah maupun tempat-tempat tongkrongan lainnya. Sedangkan kaleng buiskuit mereka sulap menjadi jam dinding custom yang bisa dihias sesuai selera.

Menurut Dahrul Ketua Karang Taruna Nusa Persada mengatakan bahwa adanya karang taruna “baru” ini tak hanya ingin mengikuti budaya “dulu” yang mungkin hanya fokus pada kegiatan olahraga. Melainkan ia ingin fokus untuk membangun ekonomi kreatif di masyarakat


“adanya karang taruna “baru” ini saya ingin membuat perubahan yang signifikan darimulai Gerakan sampai dengan pembaharuan. Jika karang taruna seringkali dilabeli dengan organisasi yang hanya mengurusi kegiatan olahraga maka perhari ini kami ingin karang taruna nusa persada melakukan pembaharuan di bidang ekonomi kreatif,” ujarnya

Kepala Desa Kalimanggiswetan Mulyadi menyampaikan bahwa karang taruna harus menjadi garda terdepan melakukan pembaharuan apalagi sekarang masih hangat-hangatnya melakukan banyak Gerakan. Mudah-mudahan kegiatan-kegiatan positif pemuda di karang taruna dalam bidang ekonomi kreatif daur ulang limbah bisa menjadi contoh yang baik.

“karang taruna harus menjadi garda terdepan melakukan pembaharuan di segala bidang dengan Gerakan Gerakan milenialnya. Mudah-mudahan kegiatan kegiatan karang taruna dalalm bidang ekonomi kreatif daur ulang limbah bisa menjadi contoh yang baik,” ujar Mulyadi.

Apabila ada yang berminat membantu dan mendukung produk ekraf kami dalam daur ulang limbah silahkan DM @karangtaruna.nusapersada. dan foto-foto produk bisa dilihat di Instagram @catalog.ktnp. kami juga open order untuk produk-produk tersebut. I’m waiting your kindness to support youth movement. (red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Karang Taruna Nusa Persada Sulap Limbah Jadi Berkah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan