Hot News
15 Juni 2021

TMMD 111 “Wujud Sinergi Membangun Negeri” Warisan Para Pejuang


suarakuningan.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dahulu AMD (ABRI Msuk Desa) merupakan warisan semangat dan budaya gotong royong serta kesatuan antara tentara dan masyarakat di Indonesia. Semangat yang diwariskan merupakan wujud kemanunggalan rasa dimana TNI lahir dan merupakan bagian dari masyarakat Indonesia.

Sejarah perjalanan negeri kita mencatat, kemanunggalan dan kebersamaan Tentara dan masyarakat mampu mengusir penjajah dari tanah air tercinta.

Kebersamaan ini di era kemerdekaan diwujudkan dalam kemanunggalan membangun negeri Indonesia agar lebih meratanya pembangunan di ibu pertiwi. Di masa pembangunan, di berbagai daerah yang cukup berat untuk dibangun, maka TNI hadir melalui TMMD dengan sigap dan kekuatannya turut terjun membantu membangun sarana prasarana bahkan tak segan para tentara ini mengadakan komunikasi sosial (komsos) untuk membantu melatih, mengajarkan, mensosialisasikan pelatihan-pelatihan praktis yang dapat digunakan di masyarakat.

Peran TMMD sangat membantu baik bagi pemerintah pusat maupun daerah dalam mempercepat mewujudkan pembangunan di pelosok-pelosok khususnya.

TNI Manunggal Membangun Desa ke 111 th 2021 Kodim 0615 Kuningan bertema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri", Hari Selasa, (15/6) bertempat di Desa Jamberama Kec Selajambe sangat membantu pembangunan di wilayah Kuningan selatan. Medan yang cukup berat menembus tebing-tebing terjal penghubung Desa Jamberama dan Desa Padahurip.

Danrem 063 SGJ ( Kolonel inf Elkines vilando Dewangga S.Ap ) hadir didampingi Bupati Kng ( H Acep Purnama SH MH), Wakil Bupati kng ( M ridho H Suganda SH M.Si), Dandim 0615 kng ( Letkol Czi David Nainggolan ST), Para Dandim se wilayah korem 063 SGJ, Kasiter Korem 063 Sgj ( Letkol Inf Efendi)

Hadir pula Wakapolres Kuningan ( Kompol Jaka Mulyana Sik M.ik), Ketua DPRD Kuningan (Nuzurahcdi SE), Kejaksaan, Para Kadis, Dansub Denpom kng ( Kapten Cpm Dadang Surahman SE)

Dalam sambutannnya Bupati Kuningan menyampaikan bahwa Tentara Nasional Indonesia sebagai bagian dari masyarakat mempunyai inisiatif untuk menumbuh kembangkan rasa kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat yaitu melalui kegiatan TNI manunggal membangun desa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan swadaya dan seluruh potensi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

“Kegiatan TMMD merupakan wujud nyata kebersamaan TNI dengan masyarakat karena melalui kegiatan ini, gotong royong partisipasi dan swadaya dari masyarakat dapat semakin ditingkatkan. TMMD merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dan kementerian baik pemerintahan pusat daerah maupun non pemerintah yang dilaksanakan bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan khususnya di Daerah tertinggal terisolasi perbatasan daerah kumuh perkotaan serta daerah rawan terdampak bencana,” paparnya.

Bupati menambahkan, “Kegiatan TNI manunggal membangun desa tmmd ke-111 tahun 2021 di desa Jamberama kecamatan selajambe kabupaten Kuningan senantiasa berorientasi kepada program pembangunan pemerintah daerah dan masyarakat pedesaan di mana TNI akan ikut membantu pembangunan fisik maupun nonfisik.”

Bupati berpesan agar hasil-hasil pembangunan bentuk perlu kita jaga dan pelihara peran pemerintah Desa lembaga masyarakat dan warga masyarakat sendiri sebagai pengguna sangatlah dibutuhkan sehingga infrastruktur yang dibangun dapat dipergunakan dalam waktu yang lama untuk

“kepada seluruh masyarakat desa Jambe Rahma kecamatan selajambe darah mampu memelihara hasil-hasil pembangunan melalui kegiatan TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 111 tahun 2002,” harapnya.

Usai pembukaan, rombongan meninjau lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua dan dilanjutkan penanaman pohon.(***)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: TMMD 111 “Wujud Sinergi Membangun Negeri” Warisan Para Pejuang Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan