Hot News
9 Juli 2021

Kementerian Sosial RI Tinjau Kondisi PDM Binaan Graha Berdaya


suarakuningan.com - Kementerian Sosial RI melalui Balai Phala Martha meninjau kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)/ Penyandang Disabilitas Mental (PDM) binaan LKS Graha Berdaya di Desa Segong dan Desa Simpayjaya Kecamatan Karangkancana, Jumat (9/7).

Tim Asesmen Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dipimpin oleh Cup Santo selaku Kepala Balai Mental Phala Martha didampingi Kasie Layanan Rehabilitasi Sosial, Deri Septiadi Dimyati serta Dinas Sosial Kab. Kuningan didampingi Kepala Puskesmas Karangkancana serta petugas Kesehatan Jiwa meninjau kondisi dan perkembangan PDM diantaranya aspek pelayanan kesehatan jiwa di lingkungan masyarakat dan upaya pemenuhan kebutuhan dasar berupa pemeriksaan kesehatan jiwa 

Cup Santo dalam kunjungannya berinteraksi langsung dengan PDM, serta melakukan dialog bersama keluarga dan lingkungan terutama aparat setempat untuk mengetahui kondisi riil perkembangan PDM. 


Kepala Balai Phala Martha yang ternyata asal Kuningan  sinergitas semua pihak diperlukan untuk bersama-sama mengupayakan  peningkatan martabat, pemenuhan hak dan kesejahteraan PDM.

Lukman Mulyadi selaku Ketua LKS Graha Berdaya mengungkapkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu pemulihan PDM binaannya. 

“Untuk pelayanan kesehatan jiwa, dengan telah dimilikinya NIK, KK dan BPJS PDM, alhamdulillah lancar. Dukungan Pemkab melalui Dinsos dan kemudahan pelayanan bagi PDM yang telah memiliki BPJS sangat berarti bagi upaya penanganan masalah sosial khususnya penanganan dan pemulihan PDM di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Baca juga:

PDM Binaan Graha Berdaya Ada yang Mulai Ingat Bacaan Al Quran

Dikatakan Lukman, hasil pendampingannya, bahwa kebutuhan dasar PDM agar sampai ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan menjadi prioritas LKS Graha Berdaya. Diakuinya kondisi ekonomi keluarga pasen PDM masih menjadi hambatan kelancaran pemeriksaan rutin PDM. “Alhamdulillah bantuan kendaraan dari pemkab Kuningan membantu LKS Graha Berdaya untuk setiap bulannya menjemput para PDM saat melakukan kontrol selama perawatan pemulihan,” pungkasnya.(red)



Balai “Phala Martha” Sukabumi

#KemensosRI

#KemensosHADIR

#DitjenRehsos

#RehabilitasiSosial

#ATENSI 

#ATENSIBalaiPhalaMartha


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kementerian Sosial RI Tinjau Kondisi PDM Binaan Graha Berdaya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan