Hot News
6 Agustus 2021

Bikers FKPPI dan BTC Berbagi Peduli Sesama


suarakuningan.com – Sebagai salah satu agenda kegiatan sekaligus wujud kepedulian sesama, Bikers FKPPI Motherland Swadek Indonesia ( IG @bikers_fkppi_motherland ) Distrik Kabupaten Kuningan  (BFM Swadek D-Kuningan) melakukan aksi sosial dengan membagikan nasi bungkus kepada para pemulung, tukang parkir, pedagang asongan, tukang ojeg dan para petugas piket di Koramil dan CPM, Jumat petang (6/8).

Hadir dan ikut dalam kegiatan tersebut, Pupuhu (Pendiri) yang juga Ketua Wanhat Biker FKPPI Agus Hamdani dan Kepala Suku (Ketua Umum) / KS Thomas Irianto Arifai SE, SH serta Ketua BTC (Barudak Terrano Ciremai), Kang Sidik.

Pupuhu BFM Swadek Indonesia

Patih / Plt Jaro (Ketua) Bikers FKPPI Distrik Kuningan Irman Ferdian Saputra SP, menyampaikan kegiatan hari in sebagai bentuk kepedulian Biker FKPPI bagi sesama terlebih yang terkena dampak pandemi. 

Menurut Irman kegiatan BFM Swadek Distrik Kuningan diantaranya mengisi bulan kemerdekaan melakukan kegiatan yang lebih intens sebagai momen membangkitkan jiwa nasionalisme.

“Selain sebagai rangkaian acara dimana seusai berbagi, akan dibentuk kepengurusan baru. Dan kegiatan baksos ini direncanakan menjadi agenda bulanan Biker FKPPI mengambil judul “Jumat Berkah Biker FKPPI Kuningan”, ujarnya.

Ketua BTC, Sidik menyampaikan ketertarikan bergabung pada kegiatan sosial Biker FKPPI karena kesamaan visi, di BTC yang dikedepankan adalah kegiatan sosial. Dengan motto BTC “Tumbuhnya Ekonomi dan Turunnya Rizki Ilahi dimulai dari Silaturahmi”, motor, mobil dan uniform hanyalah media untuk silaturahmi dan tumbuhnya rasa sosial kepada sesama.

“Biarlah perbedaan kendaraan hanyalah media, yang penting misinya yang sama. Yang kami anggap sukses kegiatan dimana warna yang berbeda, media berbeda tetapi misi yang sama,” ujarnya.

KS BFM Swadek Thomas Irianto, mengatakan kehadirannya sebagai bentuk support kegiatan-kegiatan Biker FKPPI distrik-distrik supaya tetap solid rasa kekeluargaan dan terbangun jiwa korsa. Dan untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan serta kepedulian, saat ini didorong kegiatan-kegiatan berupa bakti sosial. KS juga menghimbau kepada warga Biker FKPPI se Indonesia untuk membantu program vaksinasi dan penyemprotan disinfektan dengan bekerjasama pihak pemerintah.

Thomas menyampaikan saat ini telah terbentuk Biker FKPPI di 12 Distrik (setingkat Propinsi), dan berharap terbentuk di seluruh propinsi di Indonesia. Biker FKPPI Distrik Sumatera Selatan dan Lombok, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Papua sedang persiapan pembentukan saat ini. Pengukuhan Biker FKPPI Distrik-distrik tersebut dilaksanakan di Palagan Perjuangan Bojongkokosan di Sukabumi yang merupakan salah satu monumen juang, juga di Palagan Bandung Lautan yang berkisah heroisme bangsa Indonesia di masa penjajahan. Pelantikan di tempat-tempat bersejarah ini untuk memperdalam jiwa nasionalisme yang menjadi pondasi komunitas dalam kegiatan-kegiatannya nanti.

KS BFM Swadek Thomas Irianto

“Sesama anggota biker FKPPI diharapkan menjaga rasa kekeluargaan dan saling membantu sesama anggota, baik untuk kesejahteraan anggota maupun untuk kemajuan komunitas. Kami sampaikan terimakasih kepada Bupati Kuningan selaku Ketua Dewan Pembina, Kapolres, Dandim serta SubDenpom CPM, H. Ade Petruk, Kepala Desa Cikeusik, Kepala Desa Cipaten, Nana Rambo, Ichwan Wage yang juga sebagai anggota yang telah mensupport kegiatan Biker FKPPI Distrik Kuningan,” sampainya.

Baca juga:

Bupati Hadiri Pengukuhan Bikers FKPPI Motherland Swadek Indonesia Distrik Kuningan

“Terimakasih media suarakuningan yang telah meliput kegiatan kami agar kami lebih dikenal dikalangan biker khususnya. Buat yang hobi riding, jangan kebut-kebutan silahkan masuk wadah yang kami bentuk sebagai penyaluran hobi riding dan membentuk karakter. Ke depan komunitas Biker FKPPI juga terbuka untuk simpatisan yang bukan putra putri purnawirawan untuk bergabung,” pungkasnya.

Ketua BTC Kuningan, Sidik

Pupuhu BFM Swadek Indonesia menyampaikan gagasan dibentuknya komunitas Biker FKPPI ini untuk lebih merekatkan rasa persaudaraan dan soliditas keluarga besar TNI-Polri. Kegiatan FKPPI yang telah dilaksanakan seperti Komsos (Komunikasi Sosial) dan aktif berperan serta kegiatan hari besar dan momen-momen nasional. Dengan wadah komunitas ini kita membentuk kaderisasi di rumah besar kami FKPPI untuk mengestafetkan jiwa nasionalisme dan rasa persaudaraan ini ke generasi yang akan datang. Sasaran kita terutama para remaja yang hobi bermotor, diharapkan sejak dini tertanam jiwa nasionalisme dan patriotismenya.

Agus mengisahkan bahwa cikal bakal dibentuknya BFM FKPPI ini untuk mengangkat nilai-nilai sejarah perjuangan TNI-Polri di masa kemerdekaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tentunya dengan bermotor bersama. Pengangkatan anggota baru dilakukan di tempat yang sangat sakral bersejarah, untuk Jawa Barat pengukuhan dilakukan di monumen Palagan Bojongkokosan. Di Jawa Tengah di Palagan Ambarawa,  dan di Jawa Timur di Hotel Yamato sebagai napak tilas sejarah.

Sejak didirikan 19 Desember 2018, kegiatan inti BFM Swadek Indonesia melakukan napak tilas perjuangan kemerdekaan orangtua kita dari TNI-Polri dengan bermotor, melakukan baksos dan pengukuhan anggota-anggota baru.

Pupuhu BFM Swadek ini mengisahkan, di Kabupaten Kuningan misalnya, mungkin anak-anak muda sekarang tidak tahu sengitnya pertempuran di daerah Ciharendong saat agresi Belanda I yang mengakibatkan banyaknya para pejuang yang gugur. Di Bungkirit dan TMP Haurduni, merupakan pertempuran besar yang dimulai dari Indramayu, Cirebon terus ke arah Kuningan dan berakhir di kawasan yang saat ini digunakan Taman Makam Pahlawan Haurduni.

Simak Channel SuaraKuningan

Kasi Kesenian Sejarah Tradisi Kunjungi TMP Haurduni

“Kita keluarga FKPPI yang merupakan keturunan darah pejuang harus memperkenalkan dan mengangkat nilai-nilai sejarah ini agar tetap lestari dan terjaga bagi generasi kita dan nanti,” ujarnya.(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Bikers FKPPI dan BTC Berbagi Peduli Sesama Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan