Hot News
16 Desember 2021

Kuningan Institute Gelar Pelatihan Literasi, Keuangan dan Ekonomi Syariah


suarakuningan.com - Kondisi perkembangan dunia yang semakin pesat menjadi perhatian serius Kuningan Institute, dalam menjawab tantangan zaman itu, maka di gelar Pelatihan Literasi, Keuangan dan Ekonomi Syariah yang digelar di Aula Pondok Pesantren Al-Mutawally pada Kamis 16/12. 

Acara pelatihan dihadiri oleh Ketua OSIS SMA/SMK/MA Se-Kecamatan Cilimus dan Cigandamekar dengan berjumlah 100 orang. Acara pelatihan mengundang para pakar dibidangnya yaitu Dr. KH. Aang Asyari, Lc.,M.Si selaku Pimpinan BAZNAS Kuningan dan Dr. Arief Rachman, M.Si (Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon). 

Pelatihan ini dibuka oleh perwakilan pimpinan Pondok Pesantren Al-Mutawally Dr. KH. Mahbub Nuryadien, M. Ag yang menyampaikan tentang pentingnya pelatihan literasi dan keuangan berbasis ekonomi syariah.

“Kami dari pihak pondok menyambut baik adanya kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Forum Kuningan Institute yang bekerjasama dengan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA) memberikan pelatihan yang baik untuk santri Al-Mutawally khususnya dan umumnya untuk para peserta dari berbagai sekolah untuk memahami ekonomi global maupun ekonomi syariah.” ujar Wakil Direktur Al-Mutawally.

Aang Asyari, menyampaikan materi yang fokus terhadap ekonomi syariah. Menurutnya dalam pelatihan ini diharapkan siswa dan siswi yang mewakili sekolahnya masing-masing harus mengerti apa perbedaan antara ekonomi secara umum dengan istilah ekonomi syariah.

“Dalam studi atau konsen terhadap ilmu ekonomi, tidak ada istilah Ekonomi Syariah melainkan Ekonomi Islam. Dengan kata lain, ekonomi Islam sudah barang tentu berbasis syariah. Seyogianya para peserta mengetahui makna dari istilah-istilah tersebut, karena istilah Ekonomi Syariah hanya persoalan pemilihan diksi kata di Indonesia namun istilah yang dipakai secara global ialah Ekonomi Islam.” narasi dari Pimpinan BAZNAS Kuningan.

Disamping itu, peserta pelatihan juga mendapatkan literasi dan keuangan dari Arief Rachman, beliau menegaskan sisi penting literasi dan mengatur keuangan.

“Era kehidupan terus berkembang, fase dimana informasi setiap detik mampu diakses dan diupdate terus-menerus. Menandakan bahwa harus ada literasi atau pemahaman terhadap suatu isu kemudian mampu untuk memilah dan memilih mana yang baik dan tepat. Sebagai seorang santri, siswa/i kemampuan literasi sangatlah penting, tidak lebih penting dari mempelajari ekonomi. Memahami ekonomi artinya mengerti bagaimana mengatur keuangan, pemasukan, pengeluaran dan memperhatikan sumber pendapatan, memahami era baru dengan literasi dan pintar manajemen keuangan dengan basis global ataupun syariah itu sangat baik.” tandas Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ketua panitia penyelenggara, Hilman Fauzi menyampaikan ucapan terima kasih sudah mengikuti pelatihan ini kepada berbagai pihak yang ikut menyukseskan acara.

“Terima kasih saya sampaikan kepada berbagai pihak yang terkait, khususnya pihak pondok, narasumber dan panitia yang sudah membantu menyelenggarakan pelatihan ini dan tak lupa kepada para peserta dari berbagai sekolah, semoga adik-adik dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh suka cita dan mengikuti hingga akhir acara.” ujar Ketua Panita.

Pelatihan literasi, keuangan dan ekonomi syariah pun berlangsung dengan khidmat. Kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama dan pembagian sertifikat.


(BR, Bayu Anggara)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kuningan Institute Gelar Pelatihan Literasi, Keuangan dan Ekonomi Syariah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan