Hot News
12 Februari 2022

PSNU Pagar Nusa Kuningan Ujian Kenaikan Tingkat


suarakuningan.com - Pimpinan Cabang  Pencak Silat Nahdatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kuningan membuka Masa Penerimaan Anggota (MAPAG) dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) bertempat di Ponpes Nurul Huda Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung. Hadir  Sekda Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, sekaligus Dewan Pembina PSNU Pagar Nusa Kuningan, Sabtu (12/2/2022).

Ketua PSNU Pagar Nusa Kuningan Wibawa Gumbira, S.Sos, M.Pd, menerangkan, Mapag dan UKT merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dengan tujuan untuk merekrut anggota yang baru dan sebagai ujian bagi anggota yang sudah siap untuk lanjut ke tingkatan selanjutnya. 

Mapag dan UKT Tahun ini, dikatakan Wibawa Gumbira, diikuti oleh beberapa perguruan dibawah naungan PSNU Pagar Nusa Kabupaten Kuningan. Total ada 9 perguruan yang mengirim anggotanya dalam kegiatan ini. Untuk jumlah  peserta Mapag  75 orang dan  UKT  36 orang. 

Saat ini jumlah anggota yang sudah mempunyai KTA Nasional, disebutkan Wibawa Gumbira, ada sebanyak 200 orang tersebar di 32 kecamatan. Sudah terbentuk PAC di 8 kecamatan. Tahun ini akan dibentuk PAC di 32 kecamatan target 1000 orang. Untuk para pelatih dari Kuningan ada 21 orang berlisensi pelatih Jawa Barat.

"Alhamdulillah jumlah anggota Pagar Nusa semakin bertambah. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat. Semoga hal ini akan meningkatkan kepedulian kearifan lokal untuk anak-anak kita akan Seni Pencak  Silat," ungkapnya.

Dia menjelaskan, acara  Mapag dan UKT ini juga untuk mempertajam warisan Nusantara Seni Bela Diri Pencak Silat untuk membantu memperkuat dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Generasi Pagar Nusa harus siap dan sigap bersatu dan bersinergi dengan menjaga kebersamaan. 

"Kita  harus disiplin dalam bertindak, jangan tergesa gesa dan arogan. Pagar Nusa harus kuat dan jaya untuk menjaga agama, nusa dan bangsa, serta NU. Dan memberikan sumbangsih yang terbaik khusunya untuk Kuningan yang kita cintai," tegas Wibawa Gumbira.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH. di Ruang Kerjanya dihadapan Ketua Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Jawa Barat H Asep Saepudin Saepulmillah, didampingi Wibawa Gumbira menuturkan, Pencak Silat merupakan Seni Bela Diri sebagai kearifan lokal yang harus di pertahankan keberadaanya, khususnya di Kabupaten Kuningan apalagi sekarang sudah mendunia.

"Kita berkewajiban untuk menjaga bangsa ini melalui kebudyaan dan kesenian. Semoga Pencak Silat Pagar Nusa semakin eksis dan giat lagi dalam menyebarkan sayapnya. Terima kasih dan  terus semangat kepada para  pengurus,  pelatih dan para anggota untuk memberikan sumbangsih dan manfaat  kepada orang lain," ungkap Bupati Kuningan. 

Ketua PSNU Pagar Nusa Jawa Barat H Asep Saepudin Saepulmillah,  berpesan kepada pengurus Pagar Nusa agar senantiasa menjaga tali silaturahmi dan meminta doa serta keberkahan dari para kiai. (Humas Pagar Nusa Kuningan)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: PSNU Pagar Nusa Kuningan Ujian Kenaikan Tingkat Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan