Hot News
24 Agustus 2022

KKN Resmi Ditutup, LPPM Gelar Diseminasi Hasil KKN 2022



suarakuningan.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan (Uniku) sukses melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2022, yang disebar ke 64 Desa dari 16 Kecamatan di Kabupaten Kuningan, mulai dari tanggal 5 Juli sampai dengan 8 Agustus kemarin.

Sebagai penutup rangkaian KKN 2022, LPPM menggelar kegiatan yang bertajuk “Diseminasi Hasil KKN”, yang dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku, Rabu (24/8/2022).

Nampak hadir, Bupati Kuningan yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) II Dr. Ukas Suharfaputra, MP., perwakilan BAPPEDA, Disdikbud, Diskopdagerin, BPBD, Disporapar, DPMD, jajaran pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., beserta jajaran Pejabat Struktural lainnya di Lingkungan Uniku, dosen pembimbing lapangan, mahasiswa peserta KKK dan tamu undangan yang lainnya.

Kepala LPPM Dr. Toto Supartono, M.Si., dalam laporannya, mengatakan, kegiatan ini sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan KKN Uniku tahun 2022.

“Diseminasi yang pada hari ini dilaksanakan, merupakan kegiatan penutup rangkaian KKN Uniku tahun 2022,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan KKN yang bertemakan “Meningkatkan Literasi Masyarakat Perdesaan Menuju Desa yang Unggul, Sejahtera, Mandiri dan Berwawasan Global Melalui Pemberdayaan Masyarakat”, diikuti oleh 1.188 peserta yang disebar di 64 Desa dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Dengan program unggulan literasi dan numerasi, peningkatan ekonomi dan UMKM, teknologi informasi dan komunikasi, mitigasi bencana dan kesadaran hukum. Diseminasi hari ini hanya diwakili oleh lima (5) kelompok dengan tujuan untuk memaparkan kegiatan – kegiatan yang sudah dilaksanakan selama KKN. Diakhir seminar hasil KKN ini akan diumumkan lomba poster, laporan terbaik dan video profil Desa dan DPL terbaik,” ucapnya lagi.

Sedangkan, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak dan apresiasi penghargaan yang setinggi - tingginya atas terlaksana kegiatan KKN tahun 2022 yang berjalan dengan lancar dan sukses. 

"Terimakasih saya sampaikan kepada Pemerintah Daerah yang meliputi Kecamatan dan Desa yang telah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan KKN sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan mewakili seluruh jajaran pimpinan Uniku kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan KKN tahun 2022," ujarnya. 

Dikdik berharap, semoga kehadiran mahasiswa dan mahasiswi KKN Uniku dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat yang di Desa yang dijadikan lokasi KKN maupun umumnya bagi Pemerintah Daerah. 

"Semoga, hasil KKN Uniku dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih yang nyata dalam peningkatan pembangunan di Kabupaten Kuningan," harapnya. 

Sementara itu, Bupati Kuningan yang diwakili Asda II Dr. Ukas Suharfaputra, MP., mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi kegiatan KKN Uniku. "Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Uniku yang telah melaksanakan kegiatan KKN di 64 Desa dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan," tuturnya. 

Ia juga mengatakan, bahwa pembangunan di Kabupaten Kuningan merupakan tugas bersama yang didalamnya juga ada peran dari mahasiswa dan akademisi. 

"Karena mahasiswa dan akademisi juga  memiliki peran untuk membantu pembangunan di daerah," pungkas Ukas sapaan akrabnya. (Sep)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KKN Resmi Ditutup, LPPM Gelar Diseminasi Hasil KKN 2022 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan