Opening Day, Ribuan Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2022



suarakuningan.com – Sebanyak 1.653 mahasiswa baru Universitas Kuningan (Uniku) megikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022 secara offline yang dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku.


Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru ini digelar rencananya akan digelar selama 5 (lima) hari, yang dimulai dari Sabtu (10/09/2022) dengan agenda technical meeting sampai dengan Kamis (15/09/2022) mendatang.


Dalam laporannya, Ketua PKKMB 2022, Dr. Novi Satria Pradja, SE., M.Pd., mengatakan, kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022-2023 dibagi menjadi 3 gelombang.


“Gelombang pertama dimulai dari tanggal 03 Januari – 27 Mei 2022. Kemudian, untuk gelombang kedua dimulai dari tanggal 30 Mei – 26 Agustus 2022. Dan gelombang ketiga dimulai sejak tanggal 27 Agustus – 10 September 2022,” jelasnya.


Wakil Rektor IV itu menjelaskan, untuk jumlah pendaftar tahun 2022 ini sebanyak 2.104.


”Untuk jumlah yang tidak melakukan registrasi sebanyak 405 dan yang melakukan registrasi sebanyak 1.653,” sambungnya.


Adapun sebaran mahasiswa baru berdasarkan Fakultasnya, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 371 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 717 orang, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (Fhut) 91 orang, Fakultas Komputer (Fkom) 367 orang, dan Fakultas Hukum (FH) 107 orang.


Menurutnya, untuk daerah masing-masing asal mahasiswa tahun 2022 berasal dari 13 Provinsi diantaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Yogyakarta, Banten, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Jambi.


Sementara itu, Rektor Uniku, Dr. H. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya mengucapkan “selamat datang” kepada mahasiswa baru yang bergabung dalam wadah keluarga besar Universitas Kuningan.


Rektor Uniku pun mengungkapkan berbagai pengalaman dan bahkan teori menunjukkan bahwa keberhasilan seseorang di dunia kerja kelak, tidak sepenuhnya ditentukan oleh nilai akademis. Pengalaman mengikuti organisasi dan kegiatan mahasiswa menunjukkan kontribusi yang signifikan di dalam kehidupan nyata.


“Kami berpesan, kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan, baik itu kegiatan akademik maupun non akademik, tetap bisa menyelesaikan studi sebaik-baiknya, disertai dengan prestasi, serta dengan pengalaman organisasi, khususnya intra kampus Universitas Kuningan,” tuturnya.


Lebih lanjut, Rektor Uniku pun mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa baru dan orang tua mahasiswa baru yang telah memilih Universitas Kuningan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan.


“Sebagai seorang mahasiwa yang berada di lingkungan yang baru, yaitu dunia kampus perguruan tinggi harus bisa melakukan penyesuaian atau harus bisa beradaptasi di lingkungan yang baru,” katanya.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Rektor Uniku menutup sambutan dengan pantun “Pulang kampung dibelikan baju baru, adik-kaka merasa iri semua, selamat datang mahasiswa baru, senang menyambut kalian semua. Kemudian, Nama orang susah diingat, mungkin perlu sebutir obat, pergi kuliah harus semangat, agar jadi orang yang hebat. Pantun terakhir, Pilih kayu ulin atau kayu gaharu, mau buat rumah pusingnya bukan main, ganteng dan cantiknya mahasiswa baru, memang awal-awal ini masih terlihat jaim.” (Atu)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Opening Day, Ribuan Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2022"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.