Hot News
16 Oktober 2022

Purnatugas Anies Baswedan di Jakarta Disambut Syukuran Nasional oleh Relawan dan Masyarakat di Daerah



suarakuningan.com - Berakhirnya masa tugas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari Minggu, 16/10/2022, disambut antusias tidak hanya oleh warga Jakarta, tapi juga oleh seluruh relawan dan masyarakat di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Baru terjadi dalam sejarah politik Indonesia, seorang Gubernur yang selesai masa tugasnya justru disambut sekaligus dielu-elukan untuk didukung menjadi calon Presiden di berbagai daerah dalam bentuk Syukuran Nasional.

Di Kuningan kegiatan Syukuran Nasional juga dilakukan oleh para relawan maupun masyarakat. Ada dua agenda Syukuran Nasional di Kuningan yang dilakuan oleh relawan dan masyarakat. Pertama acara di Rumah Makan Saung Ema yang digagas oleh gabungan beberapa komunitas relawan, dan kedua acara syukuran di Saung KITA, Liang Panas, Desa Cibinuang, yang digagas oleh BARA (Barisan Relawan Anies) bersama dengan masyarakat.



"Syukuran ini merupakan bentuk apresiasi kepada salah satu putra terbaik kelahiran Kuningan Anies Baswedan yang telah menorehkan prestasi gemilang dalam memimpin Jakarta selama lima tahun, sekaligus dukungan kepada pak Anies untuk maju sebagai calon presiden 2024," ungkap Inisiator BARA Ikhsan Marzuki sebagai penggagas acara.

Dalam sambutannya Ikhsan mengatakan bahwa, acara dengan tema "Terima Kasih Jakarta, Saatnya Indonesia Memanggil" menjadi penanda mulai bergeraknya seluruh elemen masyarakat, baik relawan maupun masyarakat umum di seluruh Indonesia, untuk bersama-sama mendorong Anies Baswedan sebagai calon presiden Indonesia tahun 2024.

"Bagi relawan Anies sebenarnya sederhana dalam hal melakukan dukungan terhadap Anies. Ikuti saja apa yang selama ini pak Anies lakukan. Tidak berkata bohong, tidak menebar ujaran kebencian, selalu bersikap santun, tidak berkata kasar. Simpel dan sederhana, tinggal melihat contoh yang ada pada pak Anies, jelas Ikhsan.

Dalam sambutannya Ikhsan juga mengingatkan, sebagai relawan yang menginginkan Anies maju sebagai capres, ada tiga pesan utama yang harus diingat. Pertama, jangan pernah menyebar narasi yang mengandung kebencian, memecah belah dan belum dipastikan kebenarannya.

Kedua, jangan pernah menghujat pemerintahan yang sah secara frontal. Jika memang perlu dikritisi lakukan dengan mengkritisi kebijakannya, bukan pada personalnya. Beda mengkritisi kebijakan dengan menghujat.

Ketiga, tidak perlu berdebat dengan orang yang berbeda pandangan, cukup berikan bukti fakta, prestasi dan kinerja yang dicapai.

"Dalam konteks ini, BARA yang menjadi wadah relawan Anies yang terbuka, lintas partai, lintas ormas, lintas elemen, menjalankan peran untuk mensosialisasikan profil, prestasi dan kinerja pak Anies dengan selalu berpegang pada tiga pesan di atas," ungkap Ikhsan.

Ikhsan mengaku, kegiatan syukuran ini merupakan spontanitas dari relawan, tidak ada instruksi dari pihak lain. Terbukti syukuran ini  dilakukan di banyak tempat oleh sejumlah relawan dan masyarakat umum di berbagai daerah dan pelosok Indonesia.

“Kita berharap ke depan, mudah-mudahan energi ini tetap bisa dipertahankan,” imbuhnya menutup pembicaraan dengan wartawan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Purnatugas Anies Baswedan di Jakarta Disambut Syukuran Nasional oleh Relawan dan Masyarakat di Daerah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan