Hot News
10 April 2023

Lakpesdam Kuningan Siap Kawal Inklusivitas dan Akuntabilitas Desa



suarakuningan.com - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PCNU Kabupaten Kuningan siap mengawal inklusivitas dan akuntablitas sosial di desa. Sebagaimana surat Dirjen PDP Kemendesa PDTT Nomor 05/PDP.02.03/I/2023, Kabupaten Kuningan merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang menjadi lokus program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Subkomponen 2B. 


Adapun lokasinya terdiri dari 4 desa yakni Desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe, Desa Tambakbaya dan Cirukem Kecamatan Garawangi, serta Desa Cikeusal Kecamatan Cimahi.


Pengurus Lapesdam PCNU Kabupaten Kuningan yang dilantik 23 Pebruari 2023 menyatakan kesiapan untuk melaksanakan program lakpesdam PBNU dan Kemendesa.


Ketua Lakpesdam PCNU Kuningan Zaka Vikryan menuturkan, “Secara kelembagaan, Lakpesdam Kuningan tentu menyambut baik apa yang dicanangkan dan diprogramkan oleh Lakpesdam PBNU dan Kemendes. Ihwal inklusivitas dan akuntabilitas desa yang menjadi titik sasar Proram P3PD, saya kira sudah pas dan tepat. Sebab desa merupakan wajah paling fundamental dari kehidupan sebuah bangsa. Maka jika partisipasi dan demokrasi sebagai salah satu kegelisahan yang menjadi dasar lahirnya nilai ideal bernama inklusivitas dan akuntabilitas hendak mawujud nyata, ya desa adalah tempat yang tepat untuk didampingi secara serius.”


Lebih lanjut Zaka menyampaikan bahwa karena inklusivitas dan akuntabilitas dinilai lekat-bertaut dengan manusia sebagai subjek sekaligus objek, maka tiap-tiap elemen yang terhubung dengan dua domain itu seyogyanya tidak serampangan dan terkesan menjual gagasan serta gerakan semu. Misalnya sedini mungkin menyiapkan instrumen yang final untuk keberhasilan program, sehingga progresnya dapat diukur secara jelas. “Dampaknya saya kira bisa cukup fatal, bukan hanya distrust, jika tidak disiapkan secara matang mungkin saja cita-cita mulia untuk turut andil menjadi bagian dalam memanusiakan manusia menjadi hal yang muskil dilakukan secara jamiyah,” terang Zaka.


Zaka berharap semoga P3PD yang diamanahkan kepada Lakpesdam PBNU betul-betul dapat merealisasikan apa yang disampaikan oleh Gus Ketum Ulil Abshar Abdalla, yakni penguatan warga, terutama menjalankan pemberdayaan kepada warga di akar rumput dengan salah satu instrumennya yaitu Sekolah Lapang. Program pembangunan desa ini berkorelasi dengan salah satu visi besar PBNU di era kepemimpinan KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) yakni membangun kemandirian warga dalam multisektor, termasuk ekonomi salah satunya.


Sementara itu, Koordinator Tim Lokal Kabupaten Kuningan Okky Setyowati menjelaskan bahwa terkait program P3PD telah berjalan lebih kurang tiga bulan terhitung sejak awal Januari 2023. “Kegiatan dimulai dengan ditandai terselenggaranya Konsolnas pada tanggal 29 s.d. 31 Januari 2023. Usai itu, kami di daerah melakukan beberapa agenda konsolidasi kepada beberapa pihak terkait, diantaranya DPMD, TAPM, Perangkat Desa, dan unsur lainnya.


“Setelah kami (Tim Lokal P3PD) menerima SK dari Lakpesdam PBNU, terlebih dahulu kami soan kepada Ketua Tanfidziah PCNU Kuningan Dr. KH. Aam Aminudin M.Si atau lebih akrab disapa Abah Aam. Alhamdulillah, sebagai orang tua kami, beliau mendukung penuh terlaksananya Program P3PD di Kabupaten Kuningan. Tidak lupa, kami juga telah koordinasi dengan DPMD, TAPM, serta Perangkat Desa. Secara keseluruhan semua unsur menyatakan siap mendukung pelaksanaan P3PD di Kabupaten Kuningan dan menantikan eksekusi mulia seperti apa yang akan dijalankan Tim P3PD,” terang Okky.


Terakhir, Okky menyampaikan bahwa sementara ini di Kabupaten Kuningan tengah dirumuskan pemetaan kelompok rentan sebagai lokus paling dasar program P3PD yang ke depannya akan dilibatkan dalam aktivitas Sekolah Lapang di 4 desa. “Hanya saja, untuk detailnya kami pun sama-sama masih dalam tahap menunggu informasi dan penjelasan lebih lanjut dari Lakpesdam PBNU. Kita sama-sama tunggu, semoga lekas ada kabar baik,” pungkas Okky.***


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Lakpesdam Kuningan Siap Kawal Inklusivitas dan Akuntabilitas Desa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan