Hot News
10 April 2023

Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, BEM Unisa Gelar Abdi Desa di Desa Dukuhpicung



suarakuningan.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisa Kabinet Mekari gelar program abdi desa. Program tersebut dilaksanakan di Desa Dukuhpicung, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan selama sepekan (10-16 April 2023). Mengusung tema "Mengabdi Untuk Umat dan Menebar Manfaat di Bulan Ramadhan yang Penuh Rahmat".

Presiden Mahasiswa Reza Maulana menyampaikan ide Abdi Desa ini, “menjawab tantangan zaman, selain dituntut memiliki kecakapan dalam ilmu, mahasiswa pun dituntut harus mampu bersosialisasi dan berdampak untuk masyarakat. Hal ini disadari oleh BEM Unisa Mekari sehingga tercetuslah ide program abdi desa.” 

Program ini merupakan salah satu program unggulan BEM Unisa Kabinet Mekari. Dalam pelaksanaannya ada 3 Kementerian yang berkolaborasi melaksanakan kegiatannya, yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Ekonomi. Dalam bentuk Serangkaian kegiatan diantaranya, pesantren kilat, seminar kesehatan, seminar keagamaan, pelatihan, perlombaan, serta dipungkas dengan tabligh akbar. 

Pada acara pembukaan kegiatan, hadir pula Kepala Desa Dukuhpicung, H. Iran Irianto beserta jajaran, Unsur BPD, Karangtaruna, ibu-ibu PKK, dan dari unsur rektorat Dr. Iim Suryahim S.Si.,M.Pd.I. 

Ketua Pelaksana Ana Hasanah menyampaikan, program ini merupakan salah satu wujud nyata tri darma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Sebanyak 26 pengurus BEM Unisa Mekari akan terlibat secara langsung dalam kegiatan selama satu minggu ke depan.

Presiden Mahasiswa Reza Maulana  dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat kepada jajaran kementerian BEM UNISA Mekari yang sudah berkolaborasi mewujudkan program ini. “tentu dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, saya mengapresiasi semuanya. Mohon bimbingan, arahan pak kades dalam kesempatan ini, kami masih dalam tahap pembelajaran bersosialisasi dengan masyarakat khususnya masyarakat Desa Dukuhpicung,” ujarnya. 

Wakil Rektor III Unisa, Dr. Iim Suryahim S.Si.,M.Pd.I. menyampaikan apresiasi kepada BEM Unisa yang melaksanakan program ini, sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, Unisa dengan 13 prodi S-1 dan 1 Prodi Magister, siap berkolaborasi bersama desa Dukuhpicung. Berpesan untuk rekan-rekan BEM senantiasa menjadi norma dan sopan santun selama kegiatan. Sukses dan lancar. 

Kepala Desa Dukuhpicung dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas BEM Unisa memilih desa kami untuk mewujudkan program kerja. “Inilah desa dukuh picung, potensi dan tantangan yang ada mudah-mudahan bisa digali oleh teman-teman sebagai wujud perbaikan untuk desa, khususnya dalam semangat pendidikan masyarakat desa ini,” ucapnya.(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, BEM Unisa Gelar Abdi Desa di Desa Dukuhpicung Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan