Hot News
19 Mei 2023

Mengenal Novia Poni Agustiyani, Pemuda Pelopor Kuningan 2023



suarakuningan.com - Prestasi membanggakan diraih oleh pemuda asal Desa Parung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Ia bernama Novia Poni Agustiyani, berhasil terpilih sebagai Pemuda Pelopor Kabupaten Kuningan tahun 2023. 


Kepada redaksi bercerita, ia merupakan salah satu dari lima pemuda pelopor asal Kabupaten Kuningan dari lima bidang yang berbeda, yang akan melaju ke tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun ini.


Ia aktif di berbagai organisasi di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satunya adalah sebagai Ketua Divisi Project Officer Korps Protokoler Mahasiswa (KPM), Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon, Pernah menjadi Anggota Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia (HMKI), dan Ketua Divisi Kewirausahaan HMJ PBA, Himpunan Mahasiswa Indonesia ( HMI), dan sekarang aktif sebagai pembina Pramuka di MA Ashfanudin, Anggota MGMP Bahasa Arab MA kabupaten Kuningan, dan banyak lagi.


Tidak hanya dikenal sebagai aktivis, Novia juga seorang enterpreuner. Dirinya merupakan Operational Manager di UMKM milik keluarganya (maju house bakery), dan Owner dari You.Mine Group (Usaha Di Bidang Ekonomi kreatif). Ia memilih usaha tersebut dikarenakan keahliannya di bidang melukis, kerajinan tangan dll. 


Dalam seleksi Pemuda Pelopor Novia mengangkat Inovasi di bidang pangan lokal Jawa Barat yang diterapkannya di dibeberapa titik yang ada diKecamatan Darma, sukses mencuri perhatian juri Pemuda Pelopor Kabupaten Kuningan.


“Konsep pemberdayaan yang saya lakukan yakni bertajuk Pemberdayaan dan Pengolahan Biji Hanjeli Menjadi Bahan Baku Makanan dan Kue Salju,” ujar Novia


Pemberdayaan pemuda kelahiran tahun 1999 ini dinilai berhasil memajukan SDM sekaligus meningkatkan pengetahuan dan taraf ekonomi sebagian masyarakat kecamatan darma


Novia melakukan kepeloporannya dengan mengorganisir dan memberdayakan masyarakat. Melalui pemuda-pemuda didorong dengan mengenalkan pangan lokal ( Biji Hanjeli ) dan mengolahnya.


“Negara Indonesia dikenal mempunyai berbagai jenis bahan pangan lokal seperti beras, talas, sagu, ubi-ubian dan Hanjeli. Namun hanjeli adalah salah satunya yang menjadi icon pangan lokal Jawa barat yang hampir punah. banyak org yang sudah melihat tanaman ini biasa digunakan sebagai aksesoris (tasbih, gelang dan kalung) tapi Tidak banyak orang yang tahu bahwa hanjeli kaya akan gizi dan vitamin E, bisa di olah sebagai bahan makanan. dari Tekstur yang kenyal dan tidak lengket membuat Hanjeli bisa diolah menjadi makanan alternatif yang enak seperti bubur atau pengganti beras. Bahkan Hanjeli bisa dibuat dodol, tape, tepung Hanjeli dan rengginang, bahkan bisa diinovasi menjadi kue kering yg skrg digelorakan ' Tambah Novia Poni Agustiyani.


Novia menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk membuat target dan tujuan dalam satu tahun yang memang sesuai dengan keinginan dan passionnya agar kita bisa terus produktif dan bermanfaat setiap harinya.


"Jika target itu terbiasa kalian buat, maka artinya di setiap harinya kalian akan secara otomatis mendapatkan dorongan dan motivasi untuk selalu bergerak maju dan tumbuh” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Novia berharap agar menggunakan masa muda sebagai kesempatan. Kesempatan untuk membuktikan bahwa muda adalah kekuatan. Termasuk berani keluar dari zona nyaman dan lakukan sebuah perubahan sebagai lompatan. 


“Ingat, semua orang punya jatah gagal, maka habiskanlah jatah gagal tersebut ketika masih muda," pungkasnya.




Menjelang penilaian tingkat Provinsi Jawa Barat, Novia mengaku tengah melakukan sejumlah persiapan, baik soal administrasi maupun materi penilaian ditengah kegiatannya di Kemah SAKA AMAL BAKTI selaku pendamping siswa dan Bendahara (2) Panitia.


Selain itu, demi kelancaran penilaian nanti, ia berharap masyarakat Kabupaten Kuningan khususnya, agar turut mendoakan perjuangan yang sedang diraihnya dan berharap semua pemuda yang belum bergabung bisa bergabung menjadi bagian dalam kepeloporan nya agar bisa  tersalurkan lebih meluas lagi 


“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Kuningan H Acep Purnama, dan Disporapar (kepemudaan) yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk berjuang di tingkat Provinsi Jawa Barat, semoga Novia bisa meraih prestasi di tingkat Provinsi dan mengharumkan nama Kabupaten Kuningan,” ujarnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mengenal Novia Poni Agustiyani, Pemuda Pelopor Kuningan 2023 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan