Hot News
19 Februari 2024

975 Mahasiswa Prasetiya Mulia Comdev KKN Lakukan Aksi Nyata Penguatan UKM di Kuningan



suarakuningan.com - Sebanyak 975 mahasiswa asal Universitas Prasetiya Mulia mengikuti program Comdev (Community Development) yang merupakan sebuah bentuk kuliah kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penguatan kewirausahaan. Dilaksanakan di wilayah Kabupaten Kuningan, para mahasiswa akan bersama dengan masyarakat selama 20 hari (mulai dari 19 Februari hingga 9 Maret 2024) untuk mendorong kontribusi pengusaha maupun peran desa dalam perekonomian daerah.

Senin, (19/02/2024) bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan, Pj Bupati Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat Mpd menerima seluruh mahasiswa Comdev Universitas Prasetiya Mulya tahun 2024. Turut mendampingi, Kapolres Kuningan, Dandim 0615, Assisten Pemerintahan dan kesejahteraan rakyat kepala Diskopdagperin, Kepala Bappeda, Kadis DPMD, dan beberapa camat.

Rencananya program Comdev ini akan memberdayakan para pelaku UMKM yang akan disebar ke 50 Desa di 7 Kecamatan. Yaitu kecamatan Cilimus, Jalaksana, Kramatmulya, Cigugur, kadugede, Nusaherang dan Darma.

Wakil Dekan 3 Universitas Prasetiya Mulia, Henry Pribadi Phd selaku perwakilan Comdev menyebutkan bahwa program Comdev ini merupakan perwujudan dari misi yayasan Prasetiya Mulia yaitu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan keahlian di bidang bisnis, sosial dan STEM terapan untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Diharapkan mereka mampu berkolaborasi dengan mitra mulai dari pengembangan UMKM, pengembangan Desa Wisata, Bumdes, Industri Kopi hingga penguatan Kuningan menjadi daerah tujuan wisata unggulan” Kata Henry.

“Selamat datang di Kuningan” Kata Pj Bupati mengawali sambutan. “Kami sambut dengan senang hati kehadiran ratusan mahasiswa yang akan mendampingi 138 pelaku umkm kami, Semoga keasrian wilayah Kuningan dengan kesejukan daerahnya, dan pemandangan indah dari Gunung Ciremai membuat saudara peserta Comdev betah dan menelurkan ilmu lintas sektoral yang di dapat selama masa perkuliahan.”

Iip mengatakan bahwa Pemerintah terus berupaya menguatkan pondasi ekonomi seraya memanfaatkan peluang dan mengantisipasi tantangan dalam menghadapi era globalisasi. Perputaran roda ekonomi pada hakikatnya digerakan oleh kegiatan permintaan dan penawaran masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya program Comdev 2024 bagi pelaku UMKM ini mempunyai manfaat yang besar. Melalui kegiatan ini pemerintah berkomitmen dan hadir mengoptimalkan konsep heksahelix dalam pembangunan daerah khususnya membangun ekonomi kerakyatan” Tutur Iip.

Terakhir, Iip Hidajat memberikan chalenge kepada segenap peserta Comdev untuk dapat memajukan UMKM di Kuningan dengan membekali pelaku usaha di bidang teknologi dan pemasaran.

“Hal ini dapat tercapai jika saudara sekalian bekerja dengan serius dan sungguh-sungguh mengaplikasikan ilmu yang di dapat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing”

Rencananya penutupan Comdev akan dilakukan pagelaran besar bernama ‘Saung Rahayat’ yang akan menampilkan UMKM unggulan agar dikenal oleh masyarakat luas juga program-program lain yang melibatkan banyak pihak. Adapun Comdev telah konsisten di lakukan di Kuningan sejak tahun 2020. (BagProkompim/SetdaKuningan)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: 975 Mahasiswa Prasetiya Mulia Comdev KKN Lakukan Aksi Nyata Penguatan UKM di Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan