Hot News
11 Maret 2024

Gerakan 100 Masjid Percontohan Gebyar Ramadhan 2024





Suarakuningan.com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan bersama Pemerintah Kabupaten Kuningan meluncurkan program "Gerakan 100 Masjid Percontohan" dalam rangka Gebyar Ramadhan tahun 2024. Program ini bertujuan untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid di seluruh wilayah Kuningan, sejalan dengan visi DMI Kuningan "Mewujudkan Semangat Berjamaah Melalui Masjid Sehat dan Dinamis" dan visi Agamis Kabupaten Kuningan.


Ketua DMI Kabupaten Kuningan, Dr. Ugin Lugina, M.Pd. menyampaikan Target dan Kriteria program ini. “Program ini menargetkan 3 masjid percontohan di setiap 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan, totalnya 96 masjid. Penilaian masjid percontohan akan didasarkan pada tiga kriteria utama, yakni:


1.    Masjid bersih, sehat, dan indah: Memiliki program sarana kebersihan yang baik.


2.    Masjid makmur (mahdhah & ghair mahdhah): Memiliki program untuk meningkatkan jumlah jamaah shalat berjamaah dan pengembangan kegiatan keagamaan bagi jamaah.


3.    Memiliki Program Unggulan Ramadhan: Seperti Tadarus Al-Qur'an, Pengajian/Kajian, Pesantren Ramadhan/SII, Bedah Film, Ngabuburit dan Bukber di masjid, Talk Show, Bakti Sosial, I'tikaf, dan lain sebagainya,” ujarnya.


Ketua Panitia, H. Yaya Cahya, SE didampingi Sekretaris Dr. Arrofa Acesta, MPd menjelaskan Tahapan Pelaksanaan Program Gerakan 100 Masjid Percontohan, dimana akan dilaksanakan dalam beberapa tahap:


1. Sosialisasi (13-16 Maret 2024)


Program ini akan disosialisasikan kepada seluruh DKM masjid di Kabupaten Kuningan.


2. Dukungan DKM (17-19 Maret 2024)


Setiap DKM masjid diwajibkan untuk membuat video pendek berdurasi 1-2 menit yang menyatakan dukungan mereka terhadap Gerakan 100 Masjid Percontohan. Video tersebut kemudian dikirimkan ke panitia dan disebarkan melalui grup WhatsApp.


3. Usulan dan Verifikasi (17-30 Maret 2024)


DKM masjid yang berminat mengikuti program ini dapat menyampaikan usulan ke kantor kecamatan sebagai peserta 3 masjid percontohan. Tim dari kecamatan akan melakukan verifikasi dan selanjutnya 3 besar masjid percontohan dari setiap kecamatan akan diusulkan ke tingkat kabupaten.


4. Penentuan 10 Nominasi (1-4 April 2024)


Panitia di tingkat kabupaten akan melakukan verifikasi dokumen administrasi dari seluruh masjid yang diusulkan untuk menentukan 10 nominasi masjid percontohan.


5. Kunjungan Tim Penilai (23-30 April 2024)


Tim penilai dari DMI dan Pemkab Kuningan akan mengunjungi 10 nominasi masjid untuk melakukan penilaian langsung.


6. Pengumuman dan Penghargaan (3-5 Mei 2024)


6 masjid percontohan terbaik akan diumumkan dan menerima penghargaan berupa Piala Bupati dan Piala Ketua DMI pada acara Tasyakuran & Studi Kemasjidan.


Bagi DKM yang ingin mendaftarkan masjidnya dalam program ini, dapat menghubungi panitia di nomor 081224813273 (H. Yaya) atau 08122393106 (Dr. Arrofa).


“Program Gerakan 100 Masjid Percontohan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan peran masjid di Kabupaten Kuningan, serta mendorong semangat masyarakat untuk memakmurkan masjid,” tutupnya.(red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Gerakan 100 Masjid Percontohan Gebyar Ramadhan 2024 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan