Hot News
26 Januari 2019

Seri Tulisan: Bumbu Hidup (3) Kiat Menjadi Teman yang Baik


Oleh: Ika Candra @naymahaq. DPP PDRI. Dosen Unisa

“Etika seseorang mencerminkan pola pikirnya”
“Pola pikir seseorang mencerminkan  jenis buku yang dibaca, lingkungan atau karakter  pergaulannya”



Berkehidupan dan bersosialisasi tidak akan lepas dari kemampuan interasi kita dengan orang lain. Dalam QS Al Hujarat Ayat 13 menjelaskan bahwa penciptaan manusia yang berbeda jenis kelamin berbeda bangsa bahkan berbeda suku untuk saling mengenal. Pemahaman ini mengajarkan kita untuk mengenal banyak orang yang berbeda kalangan, adat istiadat bahkan berbeda bangsa. Membangun pertemanan maka membuka jalan kerja sama yang baik. Hal ini dipahami betul para pemimpin dunia.  

Tanggal 1 Januari 2019 resmi sudah Indonesia menjadi anggota tidak tetap dewan Keamanan  PBB dalam misi perdamaian dunia membuka jalan rakyat nya untuk berkontribusi dan berbaur dengan masyarakat dunia lain. Founding Father mengajarkan kita Bagaimana bermasyarakat tingkat dunia. Berbaur dengan semua kalangan berkontribusi untuk perdamaian. Menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB membuka jalan Indonesia dikenal di mata dunia. Bukan hanya nama namun kebudayaan, adat istiadat, Karakter bangsa hingga masyarakat ikut dikenal di mancanegara.

Pertemanan yang sejati perlu di pupuk dan dipelihara dengan rasa percaya dan menghargai. Empati adalah hasil namun prosesnya saling percaya dan saling membantu. Teman yang baik ibarat cermin iya tak akan pernah menampakan sesuatu yang berbeda dengan obyeknya. Selalu berpikir positif dan siap membuatu dengan tulus kapan saja dimana saja bukan sekedar slogan belaka namun semua itu dibuktikan melalui perbuatan walau tidak sempat dinyatakan

Dalam QS Asy Syu’ara Ayat 99 – 101 menjelaksan tentang tipe teman yang baik adalah
1. Tidak menyesatkan
2. Tidak Mengajak Kemaksiatan
3. Tidak Membuat iman goyah
4. Tidak mengajak pada perbuatan yang merugikan masa depan

Jangan takut banyak teman takutlah kehilangan teman. Teman yang baik tidak akan merusak kredibitas anda di masa depan. Teman sejatilah yang selalu berdoa dengan diamnya untuk kesuksesan anda kelak. Pelihara teman dengan baik agar menjadi teman sejati yang sedia membantu perjuangan anda hingga sukses.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Seri Tulisan: Bumbu Hidup (3) Kiat Menjadi Teman yang Baik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan