Hot News
6 Agustus 2015

Desa Nusaherang Bangun Desa Berdasarkan Masterplan

SuaraKuningan-Adanya dana pembangunan Desa yang cukup besar dari pemerintah telah menimbulkan problem tersendiri bagi desa - desa yang kurang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM).

Tapi tidak bagi Desa Nusaherang, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, desa tersebut telah menyiapkan perencanaan (masterplan) dengan matang karena telah melalui pembahasan dalam musyawarah desa yang melibatkan semua komponen masyarakat. Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Desa Nusaherang, Diyat Herdiyanto ketika ditemui di rumahnya, Sabtu (27/6). 

Kepala Desa lebih lanjut menjelaskan, tahun pertama cairnya dana ADD diarahkan untuk memasang lampu penerangan dipinggir jalan, ada 200 titik yang dipasang dan itu baru setengahnya karena jumlah kebutuhan semuanya 400 titik, dibidang sarana jalan pihaknya telah membangun marka jalan dan membangun bahu jalan sepanjang 1500 meter dengan lebar menjadi 5 meter. 

Dalam rangka menciptakan rasa aman bagi warganya dari kecelakaan lalulintas telah dibangun juga polisi tidur (tanggul) sebanyak 6 buah, hal tersebut dilakukan karena banyaknya kendaraan yang melawati jalan tersebut karena baik mobil maupun motor dari Desa Windusari, Kertayuga dan Hantara sekarang banyak yang lewat Jalan tersebut. 

 Diyat panggilan akrab Kepala Desa Nusaherang juga menyampaikan bahwa untuk seluruh perogram pembangunan semuanya sudah tercantum dalam Master plan. "jadi tidak ada pembangunan yang ujug - ujug tapi semuanya sudah berdasarkan kajian melalui forum musyawarah desa,"ungkap Kepala Desa sambil memperlihatkan masterplan dan data fotensi desa lainnya. 

Untuk pengendalian informasi terutama yang menyangkut bidang kamtibmas Desa Nusaherang juga membeli alat komunikasi berupa pesawat HT (Handy Talky) sebanyak 12 unit yang di pegang oleh Aparat Desa dan Hansip sehingga bisa bebas berkomunikasi dengan tanpa membeli pulsa.(JON`S)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Desa Nusaherang Bangun Desa Berdasarkan Masterplan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan