Hot News
18 September 2015

Cadas Gantung Potensi Pariwisata Alam Kuningan Timur



SuaraKuningan-Kabupaten Kuningan yang dianugerahi kondisi alam yang indah dan sejuk memberikan banyak potensi alam yang bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan terutama untuk kegiatan wisata alam.  Wilayah Kuningan Timur yang selama ini kurang diperhatikan/terabaikan dari pengembangan obyek wisata sebenarnya memiliki banyak sekali potensi wisata alam terutama sekitar kawasan pegunungan Gunung Tilu dan daerah perbatasan. Salah satu potensi Wisata Alam yang saat ini mulai dieksplorasi oleh kelompok Brapala salah satunya adalah Wisata Alam Cadas Gantung.

Lokasi Wisata Alam Cadas Gantung terletak di Desa Citundun Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan yang memiliki luas ± 20 Ha, berada pada dataran perbukitan berupa kebun, pesawahan dan hutan alam pada ketinggian antara 500 Mdpl sampai 750 Mdpl terletak pada lahan masyarakat dan kawasan hutan Perum Perhutani KPH Kuningan KRPH Sumberjaya .

Desa Citundun Kecamatan Ciwaru yang berjarak 43 Km dari Kota Kuningan kearah Timur dengan kondisi jalan cukup bagus/hotmix, secara administratif merupakan desa perbatasan terutama di Sebelah Selatan yang berbatasan dengan desa Cilumping Kecamatan Dayeuh Luhur  Kabupaten Cilacap ProvinsiJawa Tengah. Keadaan topografi Desa Citundun merupakan dataran perbukitan dengan ketinggian tempat  mulai dari 300 mdpl sampai dengan 1000 mdpl

Kawasan Wisata Alam Cadas Gantung menarik minat banyak orang untuk datang berkunjung dan menikmati keindahannya karena memiliki keindahan alam  (landscape) dan air terjun. Sejak Januari sampai Juli 2015 kurang lebih 2500 orang telah berkunjung dan mulai Agustus 2015 sampai minggu ke dua kurang lebih 700 orang datang yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan (Ciwaru, Cidahu, Ciawigebang, Luragung, Cibingbin, Kuningan, Darma, Subang, Cilimus) bahkan dari luar Kuningan seperti Cirebon, Ciamis dan Tasikmalaya. Beberapa atraksi wisata yang dapat dinikmati diantaranya Curug Walet, Bumi Perkemahan dan pemandangan/keindahan alam (landscape).

Air terjun Curug Walet merupakan air terjun yang tingginya ± 30 meter berada pada hulu sungai Cipahing yang bermuara pada sungai Citaal dan DAS Cisanggarung dengan debit air yang cukup besar terletak pada kawasan hutan alam yang dikelola Perum Perhutani KRPH Sumberjaya KPH Kuningan.

Bumi Perkemahan Cadas Gantung berada pada puncak bukit yang lapang dan terbuka bekas pesawahan yang tidak digarap dan hutan pinus Perum Perhutani yang rimbun pada ketinggian 750 Mdpl dengan luas kurang lebih 5 Ha berjarak ± 1 Km dari Kampung Cirahayu dan ± 500 meter sebelum curug walet dapat ditempuh antara 20 – 30 menit perjalanan.

Pemandangan alam (landscape) dilokasi ini sangat indah dan menakjubkan baik yang berada selama perjalanan menuju Bumi perkemahan maupun dari Bumi perkemahan Cadas Gantung. Daerah perbukitan berupa kebun/tegalan yang didominasi pohon Kemiri dan Jati serta pohon pinus menyajikan keindahan dan kesejukan selama perjalanan. Disamping itu tak kalah indah dan menariknya adalah pemandangan pesawahan dengan terasering yang tertata rapi dan bersih dilereng perbukitan baik selama perjalanan maupun dari lapang Cadas Gantung.

Dari lapang Cadas Gantung yang hampir 360 derajat kita bisa melihat pemandangan sekelilingnya. Pegunungan dengan hutan alam yang lebat diperbatasan dengan puncak gunung Sapu Angin, pesawahan dengan terasering yang indah, pemukiman yang ada diantara perbukitan didaerah Ciwaru, Karangkancana, Cibingbin, Cibeureum. Pada malam hari deretan lampu pemukiman terlihat sampai cidahu, cirebon dan sekitarnya.

Disamping potensi yang luar biasa tersebut juga ada beberapa tantangan yang menjadi kendala untuk pembangunan dan pengembangan Wisata Alam Cadas Gantung diantaranya akses jalan kendaraan terutama mulai dari balai desa  Citundun sampai kampung Cirahayau kidul dibeberapa titik sempit dan rusak serta cukup curam. dan jalan setapak dari kampung Cirahayu Kidul menuju Curug Walet perlu ditata agar pengunjung merasa nyaman.

Disamping itu sarana prasarana untuk kepentingan pengunjung belum ada sama sekali selain jalan setapak tersebut. Hal ini menjadi kendala utama terutama untuk kepenetingan pengunjung seperti MCK, tempat Ganti pakaian, mushola dan gazebo/saung istirahat.

Dengan potensi yang luar biasa seperti  itu kawasan Wisata Alam Cadas Gantung memberikan peluang dan tantangan untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik dan representatif di kawasan Kuningan Timur sekaligus secara tidak langsung pemerataan pembangunan wilayah Kuningan agar tidak terlalu  dipusatkandiwialayah barat Kuningan.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Cadas Gantung Potensi Pariwisata Alam Kuningan Timur Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan