Hot News
15 Maret 2017

KKN UNISA Gandeng BNN Kuningan Selenggarakan Seminar Anti Narkoba



suarakuningan.com - Sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, mahasiswa KKN dari Universitas Islam Al-Ihya Kuningan menyelenggarakan Seminar Anti Narkoba yang bertema “Peran Generasi Muda Untuk Kuningan Bersih Narkoba” (15/3). Bertempat di aula kecamatan Karang Kancana, acara seminar ini diikuti oleh 300 peserta yang rata-rata  duduk di bangku SMP dan SMA serta turut mengundang aparat desa setempat termasuk dari koramil dan polsek.

Acara yang berlangsung selama empat jam tidak hanya diisi oleh penyuluhan dari BNN yang dipaparkan oleh Agus Mulya, S.Pd, M.Si dan Rektor Unisa Drs.H. A. Nana Rusyana, M.MPd.  Melainkan juga diisi oleh kegiatan pentas seni tari saman dan Jaipong serta seni tarik suara Kawit Sunda dari siswa-siswi setempat. Tidak hanya itu, para mahasiswa KKN juga memamerkan hasil karyanya berupa film documenter sepak terjang BNN dalam pemberantasan narkoba.

Menanggapi acara seminar yang dikemas dengan kreatif ini, Agus Mulya menyatakan rasa apresiasinya yang tinggi kepada para panitia yang diketuai Heri Kosasih. 

Menurutnya baru kali ini terdapat inisiatif dari masyarakat untuk membuat film dokumenter yang bertema tentang narkoba. Agus berharap inisiatif ini terus berjalan berkesinambungan serta dapat menjadi teladan bagi masyarakat lainnya. Untuk gencar menyuarakan dan mencegah jangan sampai narkoba menjerat kita semua. Sehingga masyarakat berdaya dan memiliki daya imun yang tinggi terhadap bahaya narkoba.

Dalam sambutannya Rektor Unisa secara terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap BNN Kuningan dan siap menjadi penggiat anti narkoba di wilayah kabupaten. Berpendapat menyatakan perang terhadap narkoba adalah panggilan jiwa dunia pendidikan supaya membentuk generasi muda yang memiliki daya saing dalam era globalisasi.

KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) Terhadap Lingkungan Keluarga dan Sekolah
Selain menerima permintaan masyarakat mengisi acara penyuluhan baik seminar atau diskusi, BNNK Kuningan juga memiliki program prioritas untuk membentuk penggiat anti narkoba di tingkat Keluarga dan sekolah.

Program KIE yang sudah terlaksana selama awal tahun 2017 ini meliputi KIE bagi ibu-ibu PKK di Kecamatan Kramat Darma, Jalaksana,dan  Kuningan. Sedangkan untuk disekolah yang sudah menerima program ini antara lain SMA N 1 Ciawi Gebang, SMK Patriot, SMK PGRI, SMKN 5, MA Yasudha Darma,  SMKN 3 , SMKN 1, SMK Karnas, SMK Muhammadiyah 2.

Untuk pelaksanaan program KIE, BNN Kuningan menggerakkna semua penyuluh kelapangan antara lain Novy Khusnul Khotimah, Dedy Nuryadi, dan Juju Junaedi dibawah komando Kasi P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Manusia) Agus Mulya, S.Pd, M.Si. (NK)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KKN UNISA Gandeng BNN Kuningan Selenggarakan Seminar Anti Narkoba Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan