728x90 AdSpace

Update
27 Mei 2018

Public Cupping Kopi Asli Kuningan Sukses Digelar




suarakuningan.com - Cupping adalah metode atau teknik untuk mengevaluasi karakteristik yang berbeda dari biji kopi tertentu. Dengan melakukan cupping, kita dapat membandingkan karateristik biji kopi antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan mengenal karakteristik setiap biji kopi yang berbeda, kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kopi tersebut. 

Bagian pertama dari proses pencicipan (cupping) adalah di dalam lidah, di sini kita akan merasakan karakteristik-karakteristik dasar dari kopi seperti acidity (karakter asam), sweetness (karakter manis), bitterness (karakter pahit), saltiness (karakter asin—jika ada), dan savories atau rasa intinya.

Memang terkesan ribet, namun cupping merupakan langkah penting sebelum kopi tersebut tersaji sampai kepada konsumen/ penikmat kopi. 

Untuk Pertama kalinya Public Cupping dilaksanakan di Coffee Story, Minggu (27/5) seusai Tarawih. Pemilihan tempat di Coffee Story mungkin karena dari keterbiasaan ketika kedatangan roast bean (Kopi sangrai) baru, langkah cupping selalu kami prioritaskan agar kami sedikitnya bisa menjelaskan tentang karakteristik dari kopi-kopi baru tersebut sebelum kopi disajikan dalam cangkir konsumen.

Dalam cupping tersebut, kami selalu mengajak teman-teman penyeduh kopi (Barista) dari kedai lain untuk saling berbagi karakteristik yang di dapat. Terkadang kami pun yang berkunjung ke kedai lain untuk melakukan hal yang sama. Dari keterbiasaan tersebut maka tercetuslah ide “Public Cupping” dari beberapa teman penyeduh. Bisa jadi untuk ke depannya “Public Cupping” akan dilaksanakan dikedai lain.

Mewakili para Barista dan pelaku Usaha Perkopian, Anto (Barista Coffee Story) mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih sekali kepada teman-teman yang telah mengikuti kegiatan “Public Cupping” yang pertama ini. 

Dan yang tak di duga adalah banyaknya orang-orang yang sama sekali belum mengetahui dasar-dasar cupping tersebut. Hal tersebut membuat kami semangat untuk segera menjadwalkan kembali “Public Cupping 2”. Apresiasi itulah yang sebenarnya kami harapkan, jangan malu ketika tidak tahu, karena kami pun sama tidak tahu banyak. Oleh karena itu, kegiatan tersebut kami buat sebagai cara kami untuk saling belajar.

Terimakasih kepada Media Online SuaraKuningan.com (Mang Sukun) yang telah ikut cupping di even kemarin.(Kiriman Anto Barista Coffee Story)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Public Cupping Kopi Asli Kuningan Sukses Digelar Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan