728x90 AdSpace

Update
28 Mei 2018

Senyum nya pun adalah Ibadah


oleh: Cecep Suharna S.Ap (Kasi Pemberdayaan Pemuda Disporapar Kuningan)

    Ramadhan ialah bulan penuh hikmah yang selalu dinantikan kehadirannnya oleh seluruh umat mukmin di seluruh dunia. Ramadhan menjadi hari hari penuh keberkahan karena menyimpan banyak kebaikan berupa terbukanya pintu untuk berbuat kebaikan sebanyak banyak dan tertutupnya pintu neraka dimana hal itu berarti Allah membuka jalan untuk semua umatnya untuk bertaubat atas dosa dosa yang telah lampau.Selama bulan ramadhan memiliki keistimewaan baik hari pertama hingga hari terakhir

    Pada 10 hari pertama puasa tidak hanya tubuh kita saja yang melakukan adaptasi, yakni pikiran kita juga sedang berusaha melakukan beradaptasi pada kebiasaa makan yang baru atau penyesuaian dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk dapat menunaikannya dengan lancar. Oleh sebab itu pada 10 hari pertama Ramadhan ini Allah SWT memberikan keistimewaan yang banyak,

    Yakni dengan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang telah sabar dan ikhlas dalam menunaikan puasa selama 10 hari pertama dibulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yaitu yang menjalankan dengan niat semata karena Allah tidak untuk duniawi atau dengan niat agar dpuji oleh orang lain.

    Kini Tidak terasa 10 hari pertama bulan Ramadhan telah kita lalui, dan kini kita sudah menginjak pada pertengahan bulan puasa atau 10 hari kedua di bulan puasa atau fase pertengahan.Ini merupakan hari-hari dimana fase transisi semangat, yaitu antara menurunnya semangat karena euforia Ramadhan di 10 hari pertama sudah usai serta sedikit timbulnya euforia menjelang lebaran.

    Bagi 10 hari kedua bulan ramadhan ini merupakan hari-hari yang sulit dimana pada saat-saat seperti ini masjid dan mushola mulai kehilangan sebagian besar jamaahnya.

Para Jamaah sudah mulai memenuhi ke pasar-pasar atau mal-mal untuk mempersiapkan keperluan 1syawal, inilah fenomena yang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia.

Padahal kalau kita lihat keberkahan atau pahala yang dijanjikan oleh Allah yang bisa melalui 10 hari pertama bulan ramadhan, dilanjutkan 10 hari kedua, pahalanya atau keutamaannya adalah dibukanya pintu pengampunan Allah seluas-luasnya.

    Ini didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya seperti ini: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar"".

    Sesuai hadits tersebut, di fase kedua ini keutamaan bulan puasa adalah Maghfiroh yang kata dasarnya dari kata bahasa arab Ghofaro yang berarti ampunan atau pengampunan.

Bagi siapapun yang bisa melewati bulan puasa ini hingga fase kedua, Insyaallah bisa mendapatkan ampunan yang tidak akan diperoleh di bulan-bulan yang lain.

    Makanya, melihat pahala dan keutamaan bulan puasa yang begitu besar, sangat disayangkan apabila sampai ditinggalkan, jangan sampai kita melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan sia-sia.

    Pada waktu-waktu inilah saat yang paling tepat untuk memperbanyak doa serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu agar diampuni dan dibebaskan dari hukuman.

Karena keutamaan 10 hari kedua adalah Bulan Maghfirah maka Perbanyaklah melakukan sholat malam, berdoa , tilawah qur'an, dan berdzikir karena pada 10 hari kedua Ramadhan ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

    Dengan memohon ampunan dengan tulus dan bersungguh-sungguh serta bertobat dari hati yang terdalam Insya Allah pasti mendapatkan ampunan-Nya Ketahuilah sahabat suara kuningan Apabila kamu tidak bisa berbuat kebaikan kepada orang lain dengan hartamu, maka berilah mereka kebaikan dengan senyum wajahmu .***

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Senyum nya pun adalah Ibadah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan