728x90 AdSpace

Update
28 Juni 2018

Tradisi "Bedah Balong" dan "Ngobeng" Warnai Kemenangan Acep Purnama



suarakuningan.com - Para pendukung AR pasangan nomor urut 3 dalam pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kuningan sekarang sedang dalam suasana menikmati kemenangan. Setelah hasil penghitungan sementara pasangan Acep - Rido diperkirakan sudah memperoleh kemenangan dengan angka 40,24%.

Maka masyarakat yang mendukungnya langsung merayakan kemenangannya tersebut dengan mengadakan Tradisi "Bedah Balong dan Ngobeng". "Ngobeng" yaitu mengambil ikan secara bersama - sama dengan cara nyebur ke kolam atau sungai tanpa membawa alat penangkap ikan.

Pada hari Kamis (28/6) ada dua acara serupa yang berlangsung di Sekretariat Purnama Center, Jagabaya, Kuningan dan Sungai Cipedak, Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru. Di Purnama center acara berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. 

Dengan peserta sekitar 100 orang sehingga ikan yang diperkirakan seberat 150 kg. Hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam sudah terangkat semua tanpa tersisa. Masyarakat yang hadir justru bukan masyarakat dari sekitar Jagabaya tapi jauh dari tempat tersebut, bahkan ada yang datang dari Desa Cipakem, Kecamatan Maleber tapi semuanya dari relawan Acep Purnama.

Di Sungai Cipedak dengan waktu yang hampir bersamaan juga diadakan acara yang sama cuma bedanya di sini diadakan di Sungai Cipedak sehingga jumlah peserta lebih banyak bahkan ibu - ibu juga banyak yang ikut larut dalam perhelatan ini.

Berdasarkan penjelasan dari Ketua Relawan Bappaku (Balad Acep Purnama Untuk Kuningan) Kecamatan Ciniru, Jaja, bahwa acara tersebut sengaja di gelar dalam rangka memberikan hiburan terhadap masyarakat terutama anggota relawan yang sudah berjuang tanpa mengenal lelah. 

"jadi hari ini semuanya bisa larut dalam kebahagiaan menikmati manisnya kemenangan, ikan yang di sebanyak 250 kg. Berupa ikan Emas, masyarakat bebas mengambil tapi tidak boleh mempergunakan alat tangkap ikan," ujarnya.

Ikan yang di obeng merupakan pemberian dari  Tokoh masyarakat setempat yaitu Pa Uu Kusmana, untuk itu pihaknya atas nama tim relawan mengucapkan terima kasih atas perhatian beliau yang begitu besar sehingga masyarakat merasa terhibur dan berbahagia. Kecamatan Ciniru sendiri dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati berhasil memenangkan pasangan Acep - Rido dengan 4.643 suara atau 46,96%.(Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Tradisi "Bedah Balong" dan "Ngobeng" Warnai Kemenangan Acep Purnama Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan