Hot News
17 November 2018

Banser Dilatih Siaga Bencana

suarakuningan.com - Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Satkorwil Jawa Barat menggelar Pendidikan dan Pelatihan Khusus Siaga Bencana (Diklatsus Bagana) bertempat di Ponpes Daarul Mukhlisin (DM) Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Sabtu 17/10. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH yang didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si dan Kepala Bagian Humas Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua PW GP. Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar, SE, Sekretaris PW Jawa Barat Djohan Djauhari, SE, MSi,  Kasatkornas Satuan Khusus Banser Tanggap Bencana Chabibullah dan Kasatkorwil Banser Jawa Barat Yudi Nurcahyadi, SH.  Hadir pula Ketua PC Ansor Kabupaten Kuningan KH. Didin Misbahudin, Kasatkorcab Banser Kuningan Elon Carlan dan Ketua PC Ansor Kabupaten Cirebon dan Kab. Garut. 

Biro Infokom Banser Kabupaten Kuningan yang juga menjabat Kabag Humas Setda Dr. Wahyu Hidayah, M.Si menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti Diklatsus Bagana tercatat sebanyak 160 orang, berasal dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan tampak pula peserta dari Kabupaten Merangin Jambi dan Jakarta Barat.  Peserta yang merupakan anggota Banser tersebut akan digembleng selama empat hari sampai tanggal 20 Novemper 2018.

KH. Yayat Hidayat Pimpinan Pontren Daarul Mukhlishin selaku tuan rumah Diklatsus Bagana mengatakan “Gerakan Pemuda Ansor bersama BANSER adalah sebuah langkah politik yang strategis dalam mempertahankan NKRI dan pembinaan generasi muda, Diklat (pendidikan dan latihan) kader Banser yang berjenjang dan berkesinambungan, pada akhirnya akan semakin mengkuatkan eksistensi Ansor/Banser di mata ummat dalam kiprahnya menjaga agama dan negara.

Dalam sambutannya Ketua PW GP Ansor Jabar  Deni Ahmad Haidar, SE mengatakan bahwa GP Ansor hingga saat ini telah berkembang sedemikan rupa menjadi organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia yang memiliki watak kepemudaan, kerakyatan, keislaman dan kebangsaan. GP Ansor telah membuktikan sebagai organisasi yang tidak lekang oleh zaman. Tugas kita sebagai penerus berikutnya untuk melanjutkan perjuangan demi kejayaan GP Ansor dan Nahdlatul Ulama. Ansor-Banser selalu bersinergi dengan Pemerintah dalam pengamanan, menjalankan misi kemanusiaan di berbagai daerah di Indonesia.  Untuk itu dalam rangka mencetak sumberdaya yang siaga dan tanggap bencana, kami selenggarakan Diklatsus Banser Siaga Bencana di Kabupaten Kuningan.

Kasatkornas Satuan khusus Banser Tanggap Bencana Chabibullah menyampaikan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana menurut Undang-undang No 24 Tahun 2007 merupakan tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah, akan tetapi masyarakat juga memiliki hak dan kewajiban dalam penanggulangan bencana. 

PW Ansor Jawa Barat dan PC Ansor Kuningan menjadi bagian kelompok masyarakat yang merealisasikan mandat konstitusi dalam hal penanggulangan kebencanaan bersama pemerintah melalui peningkatan kapasitas anggota Banser dalam respon bencana.

Diklatsus Bagana ini menjadi bagian dari upaya meminimalisir resiko bencana dalam bentuk kesiapsiagaan dan peningkatan kapasitas anggota Banser secara individu dan kelembagaan dalam penanganan dan penanggulangan bencana.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah menyambut baik diadakannya Pendidikan dan Pelatihan Khusus Siaga Bencana bagi anggota Banser  ini, hal ini tentunya akan membantu pemerintah dalam hal penanganan bencana jika suatu saat terjadi bencana di wilayahnya masing-masing.

“Saya menyambut baik diadakannya pendidikan dan pelatihan khusus siaga bencana ini, karena nantinya anggota Banser akan membantu pemerintah dalam hal penanganan bencana khususnya di Kabupaten Kuningan “. Papar Acep.

Lebih lanjut Acep mengatakan, Kabupaten Kuningan memang merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, terutama bencana tanah longsor. Medan yang berbukit-bukit serta kondisi tanah yang labil sangat rawan sekali terjadi tanah longsor di Kabupaten Kuningan, untuk itu Acep berpesan kepada seluruh masyarakat, apalagi sekarang sudah masuk musim hujan untuk tetap berhati-hati dan waspada apabila terjadi hujan yang cukup deras.

Terakhir Bupati yang akan habis masa jabatannya pada 4 Desember nanti mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Banser khususnya Banser Kabupaten Kuningan yang tetap konsisten menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam segala aspek, baik pembangunan maupun kegiatan-kegiatan lainnya.(Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Banser Dilatih Siaga Bencana Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan