Iklan Google 728

3 Februari 2019

UAS Berbasis Proyek PGPAUD UNISA



suarakuningan.com - Mahasiswa - Mahasiswi PGPAUD Unisa mengadakan UAS serentak di 10 Titik stand Pameran.  Bertempat di car free day Kuningan dan Car free day Sumber, seluruh mahasiswa semester 3 mengadakan ujian kompetensi serentak di 10 titik berbeda, Minggu (3/2). 

Menurut Ika Candra dosen pengampu Mata Kuliah Pendidikan Prakarya dan Kesehatan Anak Usia Dini. UAS bertema satu kelompok satu proyek untuk mendorong pembalajaran era revolusi industri 4.0 ini selain melatih soft skill mahasiswa namun mengedukasi mahasiswa berpikiran kritis, kreatif dan praktis. sehingga ilmu yang diterapkan di perkuliahan bisa diaplikasikan ke masyarakat langsung. 

“UAS kali ini memiliki tantangan tersendiri karena selain ditarget dengan waktu terbatas mereka harus mampu memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang ketrampilan prakarya sesuai dengan tema ujian.  Stand Proyek Marquices diminati banyak  masyarakat, Beberapa masyarakat ikut antusias dalam pelatihan gratis membuat marquices. Keberagaman masyarakat menjadi tantangan tersendiri para peserta ujian memberikan materi pelatihan secara bersamaan,” lanjut Ika. 

Menurut Ihat Solihat Peserta Ujian Prakarya dan kesehatan Gizi,  Selain mempersiapkan menu produk unggulan jauh hari, menu yang disajikan harus teruji dan  masuk standar sehat dan bergizi untuk perkembangan anak dan balita. Beberapa produk  unggulan daerah diinovasi dan disajikan cantik dalam acara car free day adalah: Sosis nabati, Bolu Jahe, Donat Ubi, Stick Kopi, Es dawet Wortel dan bahan olahan lain dari wortel, jahe, ubi, singkong dan pisang. 

Ujian Berbasis Proyek ini merupakan salah satu tantangan pembelajaran revolusi industri 4.0 dimana bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan batas waktu. Sehingga semua proses kegiatan harus mampu didokumentasikan dan dipublikasikan melalui blog mahasiswa sebagai proses pertanggungjawaban pelaksanaan Ujian. 

Menurut Alis Lisnawati ujian kali ini bukan mengerjakan soal di kelas namun justru menguras otak untuk  berpikir kritis dalam pemecahan masalah sehingga permasalahan yang ada di lapangan harus segera di pikirkan jalan keluarnya.

Tantangan tersendiri justru timbul ketika diberikan kebebasan untuk berkreasi mengatur starategi dan mengimplementasikannya melalui tindakan nyata. Uas kali ini melatih setiap soft skill mahasiswa bukan hanya bisa membuat hasil karya namun bagaimana cara mempraktekannya ke masyarakat secara langsung.(Humas PGPAUD UNISA/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

8 komentar:

  1. Diiiih kerreeeen.. Kuninganku... Unisa ku...

    BalasHapus
  2. SUBHANAALLAH sungguh terharu,,semoga UNISA kedepan nya makin maju,,dengan tetap mengedepankan Universitas yang bebasis islam,,UNISA BERJAYALAH ,,,,

    BalasHapus
  3. SUBHANAALLAH sungguh terharu,,semoga UNISA kedepan nya makin maju,,dengan tetap mengedepankan Universitas yang bebasis islam,,UNISA BERJAYALAH ,,,,

    BalasHapus
  4. SUBHANAALLAH sungguh terharu,,semoga UNISA kedepan nya makin maju,,dengan tetap mengedepankan Universitas yang bebasis islam,,UNISA BERJAYALAH ,,,,

    BalasHapus
  5. The great moment.....experience is the best teacher

    BalasHapus
  6. Masukkan komentar Anda... Alhamdulillah PG paud Kren Kren...

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: UAS Berbasis Proyek PGPAUD UNISA Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan