Iklan Google 728

13 November 2019

Guru Senbud SMP se Kabupaten Kuningan Ikuti Seminar dan Workshop Bantuan Kemendikbud




suarakuningan.com - Guru Seni Budaya (senbud) SMP se Kabupaten Kuningan antusias mengikuti peningkatan kompetensi melalui Seminar dan Workshop Seni Budaya dengan tema Konservasi Kearifan Lokal Melalui Pendidikan Seni Vocal dan Seni Batik Gotha Tamarin untuk Guru Seni Budaya SMP se Kabupaten Kuningan. Bertempat di Gedung Sanggariang, Rabu (13/11).

Pengantar materi yang sudah sangat berpengalaman dan kerap memperkenalkan seni budaya Indonesia ke manca negara, Prof. Dr. Endang Caturwati, S.S.T.,M.S, adalah Guru Besar Seni Pertunjukan Indonesia -Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Pada pengantarnya, Prof. Endang merasa prihatin dengan eksistensi budaya di tanah air yang belum diterima secara baik dibanding di negara-negara lain. Melemahnya "budaya" ini pun diantaranya berdampak pada prilaku anak di bawah umur yang kurang meresapi adab, sopan santun berbahasa dan berbudaya. Makin banyaknya warga binaan dibawah umur dengan berbagai kasus diantaranya juga dipengaruhi oleh "budaya-budaya" yang justru bertentangan dengan budaya, tradisi bangsa Indonesia.

Para peserta dibuat asyik mengikuti materi yang dibawakan atraktif dan dibekali proses-proses pembuatan "tembang" bahkan tembang-tembang karya Prof. Endang dilantunkannya diiringi tepuk tangan para peserta. Para peserta dibimbing praktik mendesain kegiatan seni dalam kegiatan resmi.

Demikian juga pemateri Seni Batik, Niken Apriliani SPd (Guru Senbud SMPN 13 Cimahi) mengupas teknik-teknik dasar dan utama dalam membuat karya seni batik.

Hari pertama, para peserta dibekali "pekerjaan rumah" untuk membuat batik pada media yang disediakan oleh panitia.

Hadir sekaligus membuka Seminar dan Workshop Bantuan Pemerintah melalui Kemendikbud Dirjen Kebudayaan ini, Dra Hj. Sri Sunarsih MPd Kabid Pembinaan SMP pada Diknas Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya Sri Sunarsih menyampaikan agar kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi ini lebih mendapat respon dari para pengajar agar lebih profesional dalam menularkan ilmu di sekolahnya.

Hadir pula ketua MGPM Seni Budaya Kabupaten Kuningan, Cariwulan SPd, serta Pengawas Pembina SMP, Drs. Dodo Suwondo, MSi serta para tamu undangan.

Pada laporannya, Ketua Panitia Dr. Hj. Ijah Hadijah, MPd menyampaikan Seminar dan Workshop ini merupakan Bantuan Pemerintah Fasilitasi Kegiatan Kesenian Tahun 2019.

Disampaikannya pula sebagai latar belakang kegiatan, yakni seni adalah salah satu unsur kebudayaan yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Keberadaan seni di daerah khususnya di Kabupaten Kuningan dapat dikembangkan dan dikonservasi. 

"Untuk itu upaya-upaya pengembangan seni, budaya ini merupakan kepentingan bersama seiring kemajuan iptek. Melalui seminar dan workshop ini, diharapkan para guru-guru seni budaya SMP di Kabupaten Kuningan dapat meningkat kompetensi dalam mengaplikasi dan mengajar serta mendidik seni budaya," ujarnya.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Guru Senbud SMP se Kabupaten Kuningan Ikuti Seminar dan Workshop Bantuan Kemendikbud Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan