728x90 AdSpace

Update
25 Februari 2020

The Power of Comunication

oleh: Aat Nurhayati
Mahasiswi Universitas Islam Al-Ihya Kuningan & Aktif di Inspiring Generation dan FSLDK Cirebon Raya

suarakuningan - Komunikasi adalah suatu interaksi antar manusia dengan komunikasi manusia dapat berhubungan baik antara sesama manusia. Dan komunikasi juga adalah hal yang sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka kesuksesan dalam organisasi atau lembaga semuanya akan membaik.

Klasifikasi komunikasi menurut west dan turner itu dibagai menjadi 7 yaitu yang pertama Komunikasi intrapersonal, yang kedua Komunikasi interpersonal, yang ketiga Komunikasi Kelompok Kecil, yang keempat Komunikasi Organisasi, yang kelima Komunikasi Publik, yang keenam Komunikasi Massa, yang ketujuh komunikasi antarbudaya.

Komunikasi intrapersonal yaitu komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri salah satu contohnya adalah belajar introspeksi diri yang memang ini penting sekali dilakukan agar kita dapat mengetahui kesalahan kesalahan kita. Komunikasi interpersonal yaitu yang dilakukan secara bertatap muka salah satu contohnya adalah yang awalnya tidak saling mengenal atau dekat jadi bisa saling mengenal dan lebih dekat. 

Komunikasi Kelompok Kecil yaitu yang dilakukan maksimal 5 orang salah satu contohnya adalah dalam kelompok tahsin yang memang maksimal itu hanya 5 orang agar belajarnya bisa efektif. Komunikasi Organisasi, komunikasi ini berkaitan dengan komunikasi interpersonal dalam organisasi salah satu contohnya adalah adanya komunikasi yang baik antara ketua dan jajarannya. 

Komunikasi Publik yaitu dilakukan oleh seorang individu terhadap orang banyak, pesannya pun dapat dipahami oleh orang banyak salah satu contohnya adalah ceramah, pidato, dll. Komunikasi Massa yaitu dimana media yang menyampaikan kepada khalayak umum salah satu contohnya adalah televisi, radio dll.

Komunikasi antarbudaya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh yang memiliki latar belakang berbeda beda salah satu contohnya adalah ketika orang bahasa jawa bergaul dengan orang yang berbahasa sunda.

Klik juga: SUARA MILLENIAL KUNINGAN

Adapun proses komunikasi yaitu Pesan atau informasi itu disampaikan apa adanya, jujur, dan terbuka agar yang diajak komunikasi bisa paham dengan ucapan kita. Berikan waktu kepada pendengar untuk dapat menyampaikan pendapatnya. 

Jangan sekali-kali memotong pembicaraan seseorang sebelum ia selesai mengungkapkan pendapatnya. Hindarkan sikap acuh tak acuh, dan menyepelekan orang. Tumbuhkan saling percaya diri antara satu dengan yang lainnya. Perhatikan ketika dia berbicara dengan tetap tersenyum.

Biasanya adanya komunikasi yang tidak baik adalah karena kurang nya komunikasi, makanya kenapa kita wajib banget dalam berkomunikasi yang baik salah satu contohnya adalah ketika kita berorganisasi kita tidak mungkin bisa kerja sendiri. 

Kita butuh patner yang sejalan dengan kita makanya ada komunikasi. Nah dengan adanya komunikasi ini kesuksesan dalam suatu organisasi atau lembaga dapat kita raih. Sedangkan jika tidak ada komunikasi maka bersiap siaplah kehancuran dalam organisasi/lembaga tersebut.

Kita sebagai makhluk sosial sangat memerlukan adanya komunikasi yang baik. Maka jagalah komunikasi itu dengan baik. Seberat apa pun permasalahan kita ketika kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan sesama maka yakinlah bahwa permasalahan itu akan sangat ringan untuk kita pikul, karena kita sudah mau berbagi dan sharing bersama orang terdekat kita.***

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: The Power of Comunication Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan