Hot News
5 Agustus 2020

ODTWA Tenjolayar, Destinasi Baru Wisata Alam


suarakuningan.com - ODTWA Tenjolayar ini adalah merupakan Tempat Wisata Alam yang dibangun dan dikelola atas inisiatif dari pemuda/pemudi Desa Sangkanerang Kecamatan Jalaksana yang tergabung dalam Karang Taruna Ciremai Muda yang dimotori oleh sdr. Ivan Sofyan, S.Hut sebagai ketuanya. Juga tidak lepas dari peran serta dukungan dari pemerintahan desa sangkanerang. 

Dimulai pembangunan sejak tahun 2017, dengan modal swadaya dari komponen pemuda/i Karang Taruna yang ingin menggali potensi desa dan ingin ada suatu mainan yang nantiya dapat menghasilkan dan bisa berdampak positif bagi masyarakat secara multiplayer effect. 

Harapannya dengan Wisata Alam nanti akan dapat menyerap tenaga kerja lokal sehingga para pemuda/i tidak banyak yang merantau ke ibu kota, kemudian menumbuhkembangkan ekonomi lokal desa melalui penjualan souvenir wisata, warung, makanan/minuman lokal dll.  

Saat ini ODTWA Tenjolayar masih berbenah dan telah memulai ui coba pembukaan sejak tanggal 31 Juli 2020 dan rencana akan dilaksanakan selama 7 hari sampai dengan tanggal 06 Agustus 2020, hal ini dilakukan untuk menggali informasi, saran serta masukan dari pengunjung terkait pengembangan ODTWA Tenjolayar kedepan. 

Dan Alhamdulilah responnya cukup baik selama  hari ini sudah banyak pengunjung yang berkunjung dan memberikan review positif bagi kami. Untuk mempermudah penegelolaannya ODTWA Tenjolayar membentuk unit pengelola dengan nama KOMPEPAR CIREMAI INDAH yang juga ssebagian besar beranggotakan dari anggota Karang Taruna dan beberapa masyarakat lokal yang tertarik bersama-sama dalam mengelola Kawasan Wisata Alam di desa Sangkanerang. 

Kompepar Ciremai Indah ini juga diketuai oleh Sdr. Ivan Sofyan, S.Hut dengan didampingi sekertaris Riki Ardiansyah, S.Hut dan Bendahara Udin Sapudin, Juga Koordinator Pengembangan Wisata Sdr Nandi dan anggota Sdr Jaya, Aidi, Juhari, Hasan, Elis, Rian dan Nunu dan anggota Karang Taruna lainnya.

Fasilitas yang sudah ada :
1. Gajebo Besar Kayu 2 lantai 
2. Mushola Kayu ukuran 3 x 3 M 
3. Gazebo Bambu ukuran 3 x 2 M 
4. Embung air curug
5. Kolam Terapi 
6. Kolam Renang Ukuran 9 x 4 M 
7. Jalan Tangga Berbatu : 75 M 
8. Jalan Batu Cor : 120 M 
9. Saung Tiketing permanen 
10. Toilet Permanen : 2 buah  
11. Toilet Semi Permanen 1 buah
12. Toilet Kayu dan Bambu : 1 buah 
13. Tempat Bilas Kayu & Bambu: 1 buah 
14. Spot Pandang Selfie atas Pohon 
15. Spot Pengamatan Elang  dan hewan lainnya
16. Jalan Cor Kecil  Ukuran 1,2 M Menuju Wisata : 150 M 
17. Jalan Cor Besar 4 M : 200 M (
18. Track Jalan Alam : 350 M 
19. Jembatan Bambu : 10 M 
20. Rock Garden/Taman Batu Alami

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: ODTWA Tenjolayar, Destinasi Baru Wisata Alam Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan