728x90 AdSpace

Update
30 September 2020

HMI Kuningan Webinar seputar BUMDes dan Otonomi Desa

suarakuningan.com - Unjuk diri dalam kepeduliannya terhadap pemberdayaan dan pembangunan desa, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kuningan yang diprakarsai oleh Ketua Bidang Pemberdayaan Anggota, Yudi Pramudita, menyelenggarakan kajian berbasis Webinar seputar BUMDes dan Otonomi Desa. 

kegiatan Webinar diselenggarakan dengan lancar bersama narasumber yang mumpuni di bidangnya, yakni Kepala Seksi Ekonomi Masyarakat DPMD kabupaten Kuningan, ketua Asosiasi BUMDes kabupaten Kuningan 2016-2017, serta Ketua  UPK-PNPM Kecamatan Nusaherang, Rabu malam, (30/9).

“Melihat urgensi keberadaan BUMDes, kami merasa perlu mengkaji lebih dalam terkait hal tersebut. Pada kondisi pandemi saat ini, masyarakat diharapkan bisa menggali potensi-potensi kreatif dan menuangkannya di wadah yang tepat, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan BUMDes,” ujar Yudi.

Hal yang menjadi pembahasan utama diantaranya selain berbicara regulasi, juga membahas peran serta BUMDes dalam meningkatkan taraf perekonomian daerah, sehingga hak-hak otonom di desa tidak ikut mengalami penurunan drastis akibat pandemi yang melanda.

Pada intinya, seluruh pemateri menekankan bahwa adanya BUMDes bukan semata-mata sebagai badan usaha yang dimiliki oleh lembaga, namun juga menjadi tempat untuk mengembangkan minat dan kemampuan berwirausaha bagi masyarakat desa. Seperti yang dilakukan oleh salah satu pemateri, Suharyo (ketua UPK-PNPM Kecamatan Nusaherang), beliau mengatakan, “Selain mengelola potensi desa secara umum, BUMDes juga dapat menampung aktivitas wirausaha masyarakat secara luas di wilayah desa yang kemudian nanti dapat dikelola oleh individunya, karena sumber daya yang perlu dikembangkan bukan hanya sumber daya alam namun juga potensi sumber daya manusia.”

Sangat disadari bahwa kebutuhan akan hadirnya lembaga-lembaga yang dapat mengimbangi laju roda ekonomi yang carut-marut seperti ini sangatlah penting, terlebih posisi BUMDes sendiri sangat dekat dengan pola kehidupan masyarakat yang merupakan sumber utama melajunya perekonomian itu sendiri. Menyikapi hal ini, BUMDes juga giat melakukan berbagai inovasi seperti menghadirkan BUMDes bersama yang dikelola di tingkat kecamatan, karena belum semua desa mampu mendirikan BUMDes.

Akhir webinar ini dipungkas oleh penyataan Dicky Ahmed, S.IP selaku Kepala Seksi Lembaga Ekonomi Masyarakat DPMD Kabupaten Kuningan, “Saya sangat berterima kasih kepada HMI Cabang Kuningan atas terselenggaranya kegiatan webinar yang dikemas dengan diskusi ini, semoga seluruh peserta yang hadir saat ini sebagai generasi muda dapat melanjutkan estafet kepengurusan dan pengelolaan BUMDes di daerahnya masing-masing. Belajar tidak hanya cukup dengan mengikuti seminar, tapi akan lebih baik lagi jika diikuti dengan praktik langsung untuk terlibat dalam menjadi bagian di BUMDes itu sendiri,” ungkapnya.(humas HMI Kuningan/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: HMI Kuningan Webinar seputar BUMDes dan Otonomi Desa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan