Hot News
14 September 2020

Ribuan Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2020 Secara Daring


suarakuningan.com – Ribuan mahasiswa baru Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan YouTube. Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru ini digelar selama 3 (tiga) hari, yaitu Senin-Rabu (14-16/09/2020). Kegiatan PKKMB 2020 resmi dibuka dengan diselenggarakannya sidang terbuka Universitas Kuningan (Uniku) di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Senin (14/9).


“Terima kasih atas minat dan niat saudara-saudara Mahasiswa Baru yang telah memprospek masa depan dengan berbekal pendidikan di Universitas Kuningan. Sehubungan dengan itu, segenap Akademika Universitas Kuningan menyambut kehadiran saudara-saudara dengan ucapan Selamat atas keberhasilan saudara-saudara dalam seleksi masuk Uniku. Selamat datang dan selamat bergabung dalam wadah keluarga besar Universitas Kuningan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bermartabat dan sangat kita banggakan ini,” ujar Rektor Universitas Kuningan, Dr. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., dalam sambutannya.


Selanjutnya, Dikdik mengatakan PKKMB dirancang dengan tujuan untuk memfasilitasi mahasiswa baru dalam melewati masa transisi.


“PKKMB merupakan kegiatan pengenalan yang terprogram yang disusun dalam upaya menyiapkan karakter mahasiswa baru dalam melewati masa transisi untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri,” ungkapnya.


Lebih jauh, dirinya berharap kegiatan PKKMB dapat menambahkan motivasi, menumbuhkan kebanggaan serta meningkatkan kesadaran hidup para mahasiswa baru.


“Pelaksanaan PKKMB diharapkan bisa menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, dan menanamkan lima program gerakan nasional revolusi mental, yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu. Disamping itu, diharapkan pula kegiatan PKKMB ini akan menambahkan motivasi internal, menumbuhkan kebanggaan dan kemauan belajar, meningkatkan kesadaran hidup dan tanggung jawab,” harapnya.


Pada kesempatan yang sama, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Kuningan yang tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas kampus.


“Ditengah suasana keprihatinan akibat Pandemi Covid-19 ini, Alhamdulillah, Universitas Kuningan mampu melaksanakan aktivitasnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Disini, kita hanya menghadirkan perwakilan-perwakilan dari mahasiswa, sedangkan saudara-saudara kita yang lain mengikutinya secara virtual. Ini membuktikan bahwa Universitas Kuningan, disatu sisi, konsisten mendukung pemerintah daerah didalam pemberantasan penyebaran Covid-19, disisi lain, aktivitas kampus pun tidak tertinggalkan,” ungkapnya.


Lebih jauh, dirinya berpesan kepada seluruh peserta PKKMB 2020 untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.


“Pengenalan kegiatan kampus bagi mahasiswa baru merupakan sebuah awal dari akan dilaluinya proses pendidikan. Maka dari itu, pergunakanlah waktu dan kesempatan ini, ikuti bimbingan dari para dosen, dekan maupun rektor. Jadikanlah jas almamater ini sebagai pemicu diri kita untuk mengabdi sebagai mahasiswa di Uniku. Didalam proses pembelajaran, adik-adik wajib untuk menjadi mahasiswa-mahasiswi yang rajin menuntut ilmu dan rajin untuk meneliti, karena adik-adik juga dituntut untuk menjadi abdi bagi masyarakat,” pangkasnya. (humas uniku/nit/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ribuan Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2020 Secara Daring Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan