728x90 AdSpace

Update
10 November 2020

Awalnya Hanya 13, Kini 18 DPC PGM Dilantik

suarakuningan.com – Sebanyak 18 DPC Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten Kuningan dilantik, Selasa (10/11). Bertempat di RM. Lembah Ciremai, acara dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Kemenag Kab Kuningan, Ketua Umum DPC PGM Jawa Barat, Ketua PGRI dan para Kepala Madrasah.

Dalam sambutannya Ketua DPD PGM Indonesia Kabupaten Kuningan Topic Offirstson M.Si., M.Pd. menyampaikan bahwa DPC PGM Indonesia yang yang ada di Kabupaten Kuningan sangat penting keberadaannya, sebagai kepanjangan tangan dari DPD PGM Indonesia Kabupaten Kuningan, DPC juga tentunya menjadi organisasi terdekat bagi guru-guru madrasah di Kecamatan. Sehingga DPC bisa bereksplorasi, improvisasi, dan berkreasi dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan daya saing dan mutu pendidikan madrasah di tiap kecamatannya.

“Sejak tahun 2008/2009 jumlah Cabang PGM di Kuningan hanya 13 DPC. Alhamdulillah pada tahun 2020 kini telah mencapai 18 Cabang seiring dengan terus bertambahnya jumlah madrasah dan jumlah guru madrasah di Kabupaten Kuningan. Jumlah Madrasah formal mulai RA, MI, MTs, dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Kuningan kini mencapai angka 332 madrasah. Sedangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) mencapai sekitar 700 buah. Artinya hampir ada 1000 an madrasah yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. Jumlah guru madrasah formal kini mencapai angka 4.300 an ditambah guru MDTA jika tiap MD minimal ada 4 Guru, maka untuk MDTA terdapat 2.800 guru. Sehingga komunitas guru madrasah berada pada kisaran 7.300 orang.” Paparnya.

Topic memaparkan pentingnya PGM Indonesia sebagai wadah organisasi guru madrasah menjadi sarana berhimpun, berdiskusi dalam rangka mengembangkan kompetensi, profesionalisme, sharing informasi, dan menggali potensi-potensi yang ada untuk terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah, sehingga madrasah dapat terus mencetak generasi-generasi cerdas, berkarakter, berintegritas dan berakhlak mulia, disamping juga berusaha mencari solusi atas berbagai tantangan yang muncul di era pendidikan digital, era refolusi industri 4.0.

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan menyampaikan agar para DPC yang lintik menjalankan amanah dengan selalu beristiqomah, ikhlas dan mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan pendidikan sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan di kabupaten kuningan.

Acep menambahkan, “saya harap, dengan adanya kegiatan ini, PGM mampu mencetak dan melahirkan generasi penerus yang sangat paham akan nilai-nilai pendidikan islam, sopan dan santun, bekerja dari hati dengan penuh keikhlasan, guru madrasah berkualitas, sejahtera, dan bermartabat.” 

Pada kesempatan tersebut Bupati memberikan penghargaan pada Perkumpulan Guru Madrasah Kabupaten Kuningan periode sebelumnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Awalnya Hanya 13, Kini 18 DPC PGM Dilantik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan