728x90 AdSpace

Update
26 Desember 2020

Ngecrak dan Ngobeng Wisata Asyik Akhir Pekan

suarakuningan.com - Berlama-lama lempar jaring/jala (ngecrak, bhs. Sunda) akhirnya seekor ikan kancra sekira berat satu kilogram tersangkut di jaring mang Didi. Diantara bebatuan besar yang terhampar di sepanjang sungai Cisanggarung di Blok Lebak Kadu di Desa Karangtawang Kecamatan Garawangi, Mang Didi dan beberapa rekannya biasa ngecrak.



Di pinggiran sungai, Mang Kentung asyik ngecrak menggunakan jaring kecil untuk menangkap udang dan ikan kecil. Hasil tangkapannya lumayan mengisi bubu yang diikatkan ke pinggangnya.


Sambil menunggu nasi lemang dan ikan hasil tangkapan diolah Mang Arif dengan cara dimasukkan ke bambu, Mang Didi dan Mang Ari menyisir dasar bebatuan sungai dan mulai Ngobeng (menangkap ikan dengan tangan kosong).


Tiga ekor ikan berhasil ditangkap saat nasi lemang mulai matang. Hujan menghentikan aktifitas Ngecrak dan Ngobeng, dan para anggota Grup Ngecrak Ngobeng Kuningan pun ngopi sambil bercengkrama menikmati pemandangan pinggiran sungai nan asri.


Kang Ari tengah asyik membersihkan sampah di pinggir sungai sambil menunggu ikan dan nasi lemang matang.


Menurut Mang Didi, Ngecrak dan Ngobeng ini merupakan aktifitas rutin. Sekaligus kita membersihkan sungai dan pinggiran sungai agar kelestarian ekosistem ikan sungai menjadi terjaga. 


"Lokasi ngecrak dan ngobeng kita tidak hanya di sini saja, tapi berpindah-pindah. Kita pernah mendapat ikan patin dan ikan kancra seberat 3 kilo di areal waduk darma", kisahnhya sambil memperlihatkan fotonya.


Aktivitas ngecrak ngobeng nya ini belakangan banyak mengundang perhatian dari berbagai kalangan, ada pelajar, mahasiswa, pegawai kantor setda Kuningan, aparat desa, dan masyarakat. Mereka berbekal beras untuk ikut kegiatan ngecrak ngobeng "Grup Ngecrak Ngobeng Kuningan". 


Mang Kentung yang berdinas sebagai Satpol PP menceritakan asyiknya refreshing sambil ngaliwet pinggir sungai menjadi pengisi libur tugas yang menyehatkan juga.


Untuk anda yang ingin mengikuti aktivitas Ngecrak dan Ngobeng ini, bisa menghubungi WA 083107565987 (Kang Arif). (red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ngecrak dan Ngobeng Wisata Asyik Akhir Pekan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan