728x90 AdSpace


 

Update
26 Januari 2021

Catat! Jadwal Penting Masuk PTN Jalur Undangan

Memasuki semester genap, informasi masuk Perguruan Tinggi mulai banyak bermunculan. Baik itu di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal yang paling didambakan oleh banyak siswa yaitu bisa lulus di PTN melalui jalur undangan, karena jalur tersebut hanya melampirkan nilai rapor dan sertifikat prestasi saja tidak perlu tes akademik, selain itu juga pendaftarannya gratis tidak dipungut biaya sepeserpun. 

Bagi para calon mahasiswa, khususnya kelas 12 penting rasanya mengetahui apa saja jalur yang menggunakan nilai rapor dan kapan pendaftarannya. Berikut penjelasannya:

1. SNMPTN

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru mulai dikenalkan pada tahun 2008. Jika tertarik untuk ikut SNMPTN, ada baiknya segera melakukan registrasi di akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Jadwal SNMPTN 2021

Registrasi akun LTMPT : 4 Januari - 1 Februari 2021

Pengisian PDSS : 11 Januari - 8 Februari 2021

Pendaftaran : 15 - 24 Februari 2021

Pengumuman : 22 Maret 2021

Untuk registrasi akun dan pendaftaran bisa mengunjungi portal.ltmpt.ac.id


2. SNMPN

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Berbeda dari penyelenggaraan SNMPN tahun sebelumnya, mulai tahun 2021 seleksi SNMPN diperuntukkan untuk jenjang  Pendidikan Diploma 3 (D3) sedangkan jenjang Pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4), proses seleksi mengikuti jalur SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPT.

Jadwal SNMPN 

Pengisian PDSS : 11 Januari – 12 Maret 2021

Pendaftaran : 11 Januari – 19 Maret 2021

Verifikasi : 18 Januari – 26 Maret 2021

Pengumuman : 6 April 2021

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi snmpn.politeknik.or.id


3. SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN ialah singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis serta diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. 

Jadwal SPAN-PTKIN

Pengisian PDSS : 19 Januari - 17 Februari 2021

Pendaftaran : 19 Februari - 15 Maret 2021

Seleksi : tahap satu pada tanggal 19 - 23 Maret 2021 dan 

 tahap dua pada tanggal  25 - 29 Maret 2021

Pengumuman : 5 April 2021

Informasi lebih lengkapnya bisa mengunjungi span-ptkin.ac.id


Setelah mengetahui apa saja jalur yang menggunakan nilai rapor, maka perlu untuk dicatat tanggalnya dan ikuti seleksinya, jangan sampai terlewatkan karena jalur di atas hanya dibuka setahun sekali. Apabila masih bingung, silakan untuk konsultasi ke guru BK atau ke orang yang memahaminya.


Nama : Asep Amat Sopian

Alamat : Desa Kaliaren, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan

Pekerjaan : Guru BK SMAIT Al-Multazam 2 Linggajati


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Catat! Jadwal Penting Masuk PTN Jalur Undangan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan