728x90 AdSpace


 

Update
26 Maret 2021

21 Tendik Digenjot Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi

suarakuningan.com – Sebanyak 21 tenaga kependidikan Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan pelatihan berbasis teknologi informasi. Pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan selama dua (2) hari 26 – 27 Maret 2021, merupakan hasil kerjasama antara Universitas Kuningan (Uniku) dengan Kantor Pusat Sistem Informasi (KPSI) dan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku).


“Alhamdulillah, ada 21 tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan berbasis teknologi informasi pada hari ini. Ke-21 tendik tersebut berasal dari Fakultas, Lembaga, Unit Kerja dan Biro di lingkungan Universitas Kuningan (Uniku),” kata Dr. Haris Budiman, SH., MH., selaku Ketua Pelaksana kegiatan pelatihan berbasis teknologi informasi dalam laporannya, Jum’at (26/3).


Menurutnya, para peserta dalam pelatihan kali ini akan mendapatkan materi dari beberapa narasumber atau instruktur yang kompeten di bidangnya sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja tenaga kependidikan.


“Selama dua (2) hari para peserta pelatihan akan dibina dan diberikan pelatihan berbasis teknologi informasi oleh beberapa narasumber atau instruktur yang kompeten di bidangnya. Ini semua dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja tenaga kependidikan di Universitas Kuningan (Uniku),” ujarnya.


Dikatakannya, tendik berhak mendapatkan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan penunjang dalam pengembangan karir kedepannya.


“Tendik harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan penunjang dalam rangka pengembangan karir kedepannya,” katanya.


Dijelaskannya, dari sekitar 115 pejabat structural yang ada di Uniku,  ada 35 pejabat yang seharusnya diisi oleh tenaga kependidikan, baru 19 pejabat structural yang dapat diisi oleh tenaga kependidikan.


“Jadi, pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pengembangan karir tendik kedepannya. Dari 35 pejabat structural yang seharusnya diisi oleh tenaga keoendidikan,  baru terealisasi sekitar 19 pejabat structural yang diisi oleh tendik Uniku. Hal itu, dikarenakan tendik belum mampu untuk mengemban amanah tersebut dan belum memenuhi persyaratan,” jelasnya.


Sedangkan, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Ilham Adhya, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan pelatihan seperti ini akan bertahap diselenggarakan bagi tenaga kependidikan.


“Pelatihan seperti ini akan diselenggarakan bagi tendik secara bertahap,” tuturnya.


Menurutnya, Dikti selalu menyekenggarakan kegiatan bagi dosen dan tendik yang berprestasi. “Kita (Uniku) suatu saat nanti harus ada disana sebagai dosen dan tendik yang berprestasi dengan menerima prestasi tersebut,” ujarnya.


Ilham dalam kesempatan tersebut, berpesan, kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan yang sekarang hadir dapat menularkan ilmunya bagi rekan – rekan kerjanya yang ada di lingkungannya masing-masing.


“Yang mengisi pelatihan hari ini merupakan instruktur yang kompeten di bidangnya. Ikuti pelatihan ini dengan baik dan tak lupa bagikan ilmunya bagikan ke rekan kerjanya di lingkungannya, pengetahuannya akan bertambah. Kedepan akan menyelenggarakan pelatihan – pelatihan lainnya untuk meningkatkan kinerja tendik,” pesannya.


Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan diadakannya pelatihan bagi tenaga kependidikan berbasis teknologi informasi.


“Saya atas nama pribadi maupun yayasan, menyambut baik kegiatan pelatihan bagi tenaga kependidikan tersebut,” tuturnya.


Menurutnya, sebagai pelaksanaan dari peraturan yayasan (Peryas) dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan diri bisa terjadi jika diberikan tugas belajar.


“Di perguruan tinggi, ketenagaan itu hanya ada dua (2) yaitu dosen dan tenaga kependidikan. Ini sudah jelas aturan main bagi keduanya,” ujarnya.


Dijelaskannya, tendik itu tugasnya adalah mengurus data dan fakta, baru lahirnya informasi. “Anda memiliki peranan penting dalam pengelolaan manajemen pendidikan tinggi,” jelasnya.


Hal tersebut, sebagai upaya untuk menguasai teknologi informasi. Oleh karena itu, pelatihan diselenggarakan pada hari ini. “Ikuti pelatihan ini, kuasai dan aplikasikan ilmu yang sudah didapat di lingkungan kerjanya masing-masing,” pesannya.


Hadir dalam acara pelatihan, Ketua YPSAK Drs. Uri Syam, SH., MH., Wakil Rektor II Dr. Ilham Adhya, M.Si., Wakil Rektor III Dr. Haris Budiman, SH., MH., Direktur Sekolah Pascasarjana dan Dekan Fakultas, Kepala Biro, Lembaga, Unit Kerja dan para peserta pelatihan. (Sep)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: 21 Tendik Digenjot Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan