728x90 AdSpace

Update
12 Maret 2021

Meleburkan Keakuan, Menyentuh Sirna Rasa

Pesantren Sirnarasa Panjalu, Wisata Religi Kaum Milenial

suarakuningan.com –Hiruk pikuk dunia, modernisasi, kapitalisasi, dan beragam persoalan serta kondisi jaman seakan memaksa rasa dan akal kita untuk selalu berputar cepat. Jiwa dan raga seakan dikejar waktu, meski waktu sebenarnya tak pernah menghimpit.

Keadaan, kemampuan dan kondisi kita yang memaksa kita selalu merasa kurang waktu dan dikejar kehidupan. Disela kesibukan dan lelah kerja otak dan rasa, sesekali perlu kita mereset rasa, mengkalibrasi jiwa, untuk semakin kuat mengimbangi arus jaman.

Salah satu ruang yang sesekali dikunjungi adalah Tarekat Sufi di Pondok Pesanten (pontren) Sirna Rasa Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Pontren yang diasuh Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodri QS atau akrab disapa Abah Gaos.

Setiap bulan pontren ini dipenuhi jamaah dari berbagai daerah untuk melakukan manaqib.

Ade Syam (40) owner CV. Decom Kuningan mengajak penulis untuk mengikuti manaqib kali ini. Kepada suarakuningan Ade mengatakan dirinya mengikuti manaqib sejak 5 tahun lalu secara rutin, dan tidak hanya di pontren Sirnarasa saja sebagai pusatnya, tetapi bersama rekan-rekan sesama jamaah di Kuningan, dirinya kerap mengikuti jadwal manaqib dengan berpindah-pindah tempat di Kuningan.

Ade mengatakan merasakan perbaikan dalam diri sejak mengikuti manaqib. 

“ajaran-ajaran Abah Gaos lebih pada wejangan menjaga prilaku dan tuntunan batin untuk diri sendiri. Ajaran beliau lebih kepada kebersihan batin. Alhamdulillah, mengikuti manaqib ini, hati lebih tenang dan manaqib ini menjadi ikhtiar menjaga perilaku saya,” ujarnya.

Penulis yang mengikuti manaqib kali ini merasakan suasana yang berbeda, masuk masjid sesaat sebelum maghrib dan selesai pukul 20.00 wib hampir tidak terasa dua jam mengikuti ritual. Berbagai persoalan di kepala dan perasaan seakan larut dalam Tarekat “Lautan Tak Bertepi” di manaqib Pntren Sirnarasa ini.(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Meleburkan Keakuan, Menyentuh Sirna Rasa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan