728x90 AdSpace


 

Update
16 Maret 2021

Joint Research Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Mushola

suarakuningan.com - Salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi adalah kualitas penelitian. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Kuningan (Uniku) melakukan penendatangan nota kesepahaman kerjasama (MoU) dengan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah.


Proses penandatanganan MoU tersebut, berlangsung di Ruang Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto Jawa Tengah, Selasa (16/3).


“Joint research ini bertujuan untuk sharing pengalaman penelitian, termasuk sharing sumberdaya manusia dan finansial,” kata Dekan Fahutan Dr. Yayan Hendrayana, M.Si.


Menurutnya, implentasi dari MoU tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan penelitian bersama antara Fahutan Uniku dengan Fakultas Biologi Unsoed yang akan mengambil lokasi di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).


“Insya Allah, implementasi dari kerjasama yang sudah ditandatangani hari ini, dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan penelitian bersama antara Fakultas Biologi Unsoed dengan Fahutan Uniku,” ujarnya.


Dikatakannya, setidaknya ada empat (4) topik penelitian yang akan dilaksanakan bersama. “Tidak hanya laporan penelitian yang akan dihasilkan, tetapi juga termasuk turunan dari penelitian tersebut, antara lain pengabdian masyarakat, jurnal ilmiah, monograf, dan buku,” katanya.


Lebih jauh, Yayan menambahkan, bahwa Fahutan Uniku juga sedang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis Mushola.


“Difokuskan di Mushola Sabilil Muhtadin Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, Fahutan Uniku menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis mushola. Kita memanfaatkan lahan Mushola untuk menanam tanaman di polybag bersama warga masyarakat atau jamaah Mushola. Bahkan, Fahutan juga tetap istiqomah menjalankan program “Nasi Jumat Berkah” bagi anak yatim dan dhuafa,” tambahnya.


Yayan berharap, semoga semua kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar, sukses dan barokah. “Semoga, semua kegiatan yang sudah direncanakan diberikan kelancaran, kesuksesan dan ada dalam lindungan-NYA,” harap mantan Wakil Dekan II Fahutan Uniku yang juga jebolah S3 Unsoed Purwokerto Jawa Tengah.


Diakhir keterangannya, Yayan juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan maupun luar Kabupaten Kuningan, yang mau melanjutkan pendidikan tingginya, dapat bergabung bersama kami Fahutan Uniku.


“Sekedar informasi saja, di wilayah III Cirebon Fakultas Kehutanan (Fahutan) hanya satu-satunya Fakultas milik kampus pertama di Kabupaten Kuningan. Jadi, mari bergabung bersama kami dan menjadi bagian keluarga besar Fahutan Uniku. Salam Rimba…!!! Uniku Jaya…!!!,” pungkasnya. (Sep)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Joint Research Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Mushola Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan