Hot News
23 Mei 2021

Muswil II Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia di STIKes


suarakuningan.com - Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) merupakan  ikatan organisasi mahasiswa kesehatan masyarakat se-Indonesia yang beranggotakan Lembaga Eksekutif Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia. 

ISMKMI memiliki empat wilayah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKes Kuningan) termasuk salah satu institusi yang masuk kedalam Wilayah II ISMKMI. ISMKMI memiliki berbagai macam kegiatan rutin, salah satu diantaranya yaitu Musyawarah Wilayah (Muswil) yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya dimasing - masing empat wilayah ISMKMI. 

Musyawarah Wilayah (Muswil) ISMKMI merupakan sebuah forum untuk memilih, mengangkat dan memberhentikan Korwil, Korda, dan perangkat pembantu wilayah, mengevaluasi serta mengesahkan LPJ Korwil & Korda hingga menentukan tuan rumah penyelenggara Muswil selanjutnya. Musyawarah Wilayah II merupakan musyawarah anggota yang memegang kekuatan tertinggi di wilayahnya dan anggotanya yang merumuskan program kerja ISMKMI wilayah dalam satu periode kepengurusan kordiantor wilayah. 

Pada tahun 2021 ini penyelenggaraan Muswil II ISMKMI menunjukkan STIKes Kuningan selaku tuan rumahnya. Kegiatan Muswil II ISMKMI tahun 2021 diselenggarakan secara virtual atau daring melalui zoom meeting selama 3 hari terhitung dimulai dari hari Jumat - Minggu 21-23 Mei 2021, acara Muswil II ISMKMI tahun 2021 ini mengusung tema "Bersinergi Menuju Peningkatan Inovasi dan Daya Saing Kesehatan Masyarakat di Indonesia". 

Kegiatan Muswil II ISMKMI ini diikuti oleh 150 delegasi yang terdaftar dari berbagai institusi di wilayah 2 (Jabar, jakarta raya, kalseltengbar, kaltimtara) dan 29 peserta tambahan umum mengikuti Dispub. Selain itu dihadiri pula oleh para tamu undangan yaitu Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM selaku Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan yang mewakili Ketua STIKes Kuningan sekaligus membuka Acara Muswil II ISMKMI Tahun 2021.

Agenda acara dalam Muswil II ISMKMI terdiri dari Diskusi Publik dan rangkaian kegiatan rutin Muswil ISMKMI, 

Dalam sambutannya, Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM menyampaikan, "Saya merasa bangga dengan adanya kegiatan ini, karena peran kita sebagai mahasiswa tidak hanya sekedar kuliah, belajar. Namun juga ikut andil dalam memikirkan dan berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat di Indonesia. Selaras dengan tema kegiatan ini, harapannya kegiatan ini dapat memunculkan ide - ide kreatif dan inovatif terhadap kesehatan masyarakat Indonesia" 

Ketua Pelaksana Musyawarah Wilayah II ISMKMI 2021 Icka Irma mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam mensukseskan acara ini baik para peserta delegasi institusi, pengurus ISMMKMI, panitia, maupun pihak kampus. 

“Semoga dengan adanya acara ini dapat mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa kesmas untuk terus bersinergi menuju peningkatan daya saing kesehatan masyarakat di Indonesia. Selamat kepada korwil dan korda terpilih periode 2021/2022, semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, selamat juga kepada STIKes Indramayu yang telah terpilih sebagai tuan rumah muswil 2022 semoga penyelenggaraan tahun depan lebih baik lagi,” ujarnya. 

Kegiatan Diskusi Publik diselenggarakan dengan mengusung tema "Startegi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19", dengan pemateri Cecep Heriana, SKM., MPH dan Dr. drg. Rossi Suparman, M.Kes., MH. 

Sedangkan rangkaian acara Muswil II didalamnya yaitu Pembukaan, melaksanakan Sidang Pleno 1 hingga 11 dan Agenda Acara di Luar Pleno seperti Sosialisasi AD/ART Nasional Hasil Amandemen Munas ISMKMI XVIII yang disampaikan oleh Ardian selaku Dewan Pengawas Nasioanl Wilayah II (DPN Wilayah II) dan Sosialisasi Plan of Action Nasional yang disampaikan oleh Muhammad Najmy Barizan selaku Sekretaris Jenderal ISMKMI. 

Kegiatan Muswil II ISMKMI tahun 2021 yang bertempat di STIKes Kuningan dan dilakukan secara virtual atau daring melalui zoom meeting ini berjalan dengan lancar sehingga terselenggaranya LPJ, LPK Pengwil II ISMKMI dan menetapkan korwil dan korda wilayah 2 periode 2021/2022 serta menetapkan tuan rumah Muswil II ISMKMI tahun 2022 yaitu STIKes Indramayu. (Faya/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Muswil II Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia di STIKes Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan