Hot News
30 Juli 2021

Google Classroom Solusi Di Masa Pandemi

oleh Yulia Margana, S.Pd. (Guru Ekonomi SMAN 1 Garawangi)

 


suarakuningan.com -
Sekolah merupakan lembaga pendidikan  yang menjadi salah satu faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia. Merebaknya wabah korona membuat kepanikan tak terkecuali dunia pendidikan. Pandemi memaksa sekolah untuk mampu mengatur strategi agar proses belajar mengajar tetap berlangsung sehingga mutu pendidikan tetap bertahan.

Dalam hal mempertahankan kelangsungan pembelajaran dimasa pandemi, ada empat  unsur yang perlu ditata secara terpadu. Keempat unsur tersebut adalah  siswa, guru, sarana prasarana, dan strategi proses belajar.

Siswa merupakan penentu dalam kelangsungan proses belajar mengajar. Minat belajar siswa merupakan faktor penting dalam kelangsungan pembelajaran. Semangat dan minat siswa untuk tetap belajar perlu terus didorong. Jika siswa tak berminat dalam pembelajaran maka strategi apapun yang diterapkan tetap saja tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.

Guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan tetap menarik, walaupun dalam segala keterbatasan sarana. Guru harus mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Tentunya guru harus mampu menciptakan, memilih dan menyusun strategi yang tepat untuk kelangsungan pembelajaran.

Sarana prasaran yang mendukung akan memperlancar kegiatan pembelajaran. Peran pengelola sekolah dalam hal ini sangat dominan. Pandemi memaksa pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Guru dan siswa tidak lagi dapat bertatap muka secara langsung. Hal ini, menuntut siswa untuk mau tidak mau hatus belajar secara mandiri. Peran guru untuk mengarahkan sangat diperlukan. Sekolah harus mengimbangi dengan menyediakan sarana yang sesuai dengan situasi dan  kondisi.

 

Strategi proses belajar yang tepat dan jitu juga perlu dirancang dengan tepat. Salah satu alternatif untuk pembelajaran jarak jauh adalah dengan menggunakan aflikasi google classroom. Google Classroom adalah platform gratis berbasis web yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa.

Fitur dan menu yang disediakan di google classroom sangat mendukung kelangsungan belajar mengajar secara daring.  Siswa dan guru tetap bisa melakukan interaktif walau jarak jauh.

Siswa dengan mudah masuk google classroom, tinggal klik kode kelas, siswa sudah   langsung masuk dan tercatat anggota kelas. Didalam classroom siswa bisa membaca modul bahan ajar atau intruksi yang diberikan guru, melakukan absen, mengupload tugas, berdiskusi dsb. Siswa bisa menerima dan mengumpulkan tugas langsung di classroom. Layanan ini dapat sangat mengurangi penggunaan kertas dan mempermudah proses pembelajaran jarak jauh. Siswa dapat mengetahui langsung tugas yang diberikan serta mengumpulkannya langsung di classroom. Siswa juga bisa mengecek hasil penilaian dari gurunya. Selain itu siswa dapat berinteraksi dalam kelas yang diadakan, baik itu melalui email maupun langsung di aplikasi.

Google Classroom memungkinkan guru untuk mengatur dan menilai progres siswanya sambil tetap terhubung dari manapun. Fungsi yang dapat digunakan oleh guru dalam Google classroom adalah membuat kelas, memberikan tugas, dan melakukan penilaian tanpa menggunakan kertas. Guru bisa memberikan tugas, menyiapkan materi pembelajaran, memberikan penilaian, langsung dari Google Classroom. Guru bisa menambahkan materi dari YouTube, survei Google Forms, dan dokumen lain yang ada di Google Drive, serta melakukan sesi tanya jawab dengan siswa.

Guru juga bisa memberikan undangan kepada wali dan orang tua siswa untuk melihat rangkuman atas hasil pembelajaran anak dan juga tugas-tugas yang  diberikan.  Karena terhubung melalui internet, semua ini bisa dilakukan secara real-time.  Dengan kata lain, fitur-fitur yang ada dalam Google Classroom sangat mempermudah pekerjaan guru.

Bagi pihak administrasi yang biasanya mengurus jadwal dan urusan lain yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, bisa mengatur itu semua dari Google Classroom. Bagian administrasi bisa mempersiapkan kelas, menyusun daftar nama siswa, dan memastikan keamanan data dengan memilih siapa saja yang memiliki akses ke kelas tersebut. Selain itu Google Classroom bisa menambah atau mengeluarkan murid atau guru dari kelas yang sedang berlangsung.

Orang tua siswa juga bisa mendapatkan email secara rutin mengenai hasil kerja putra-putrinya dan juga bisa melihat semua aktivitas yang berlangsung. Kalau biasanya pihak sekolah harus menghubungi melalui grup orang tua siswa atau bahkan satu per satu, Google Classroom membuat mereka bisa melakukan itu semua dari satu platform saja.

Google Classroom secara otomatis terintegrasi dengan layanan  Google Suite for Education lainnya seperti Gmail, Google Docs, dan Google Calendar. Terintegrasi dengan aplikasi lain membuat Google Classrom semakin memperlancar dan mempermudah dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain itu,  memperlancar komunikasi dan kerja sama, dimana pun siswa dan guru berada.

Pandemi bukanlah penghalang bagi kelangsungan proses belajar mengajar di negeri ini, jangan panik banyak solusi yang dapat dilakukan. Google Classroom adalah kelas maya yang mampu menjadi solusi dalam masa pandemi. Masuk Google Classroom serasa masuk di kelas sendiri. 

Salam Pendidikan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Google Classroom Solusi Di Masa Pandemi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan