Hot News
18 September 2021

Kepengurusan Forum MGMP/BK dan MGMP/BK SMP Kab. Kuningan Periode 2021/2025 Dikukuhkan


suarakuningan.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang pengembangan pembelajaran sehingga terbangun iklim budaya mutu sekolah dan profesionalisme guru yang tinggi, melalui wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran/ Bimbingan Konseling (MGMP/ BK). 

Tepatnya pada hari Sabtu, 18 September 2021 bertempat di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan..Kepala Drs. H. Uca Somantri, M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan) secara resmi mengukuhkan kepengurusan forum MGMP/ BK dan kepengurusan MGMP/ BK SMP Tingkat Kabupaten dan Gugus di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Periode 2021-2025. Turut dihadiri pula oleh Kabid Pembinaan SMP, Ketua MKKS SMP Kab. Kuningan, dan Koordinator Pengawas SMP.

Hadirnya forum MGMP/ BK SMP adalah sinergitas untuk mempercepat peningkatan mutu dalam mengelola dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Kuningan. Imbuhnya.

“Kegiatan ini memiliki arti dan makna yang sangat penting, Ibu dan Bapak mendapat amanah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan untuk bersama-sama mengelola dunia pendidikan jauh lebih maju lagi,” kata Uca Somantri dalam sambutan acara Pengukuhan Kepengurusan Forum MGMP/ BK dan kepengurusan MGMP/ BK SMP di Aula Disdikbud Kabupaten Kuningan, Sabtu (18/9).

Menurutnya, dengan dibentuknya organisasi ini akan lebih menguatkan kebersamaan dalam memperbaiki mutu pendidikan sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kuningan . Yakni terwujudnya Kabupaten Kuningan yang Maju (Mandiri, Agamis dan Pinunjul).

“Saya merasa yakin bahwa setiap orang punya kemampuan yang luar biasa. Tinggal bagaimana bisa menuangkan pemikiran itu dan mengimplementasikannya. Sekarang saatnyalah untuk  bersinergi karena sudah ada tempat yang mewadahi ide dan gagasan tersebut untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan,” jelasnya. 

Ia pun menyampaikan bahwa untuk terwujudnya insan dan ekosistem yang berkarakter dan profesional harus ada spirit atau semangat berupa kolaboratif dan gotong royong. Tentu semangat tersebut dilandasi dengan membangun rasa kebersamaan. Pasalnya, jika dilihat dari empat (4) kompetensi yakni sosial, kepribadian merupakan wilayah karakter. Sementara, ketika berbicara tentang kompetensi pedagogik dan profesional adalah wilayah kemampuan sejatinya seorang guru.

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Abidin, M.Si menyampaikan, bahwa kegiatan pengukuhan kepengurusan Forum MGMP/ BK dan kepengurusan MGMP/ BK SMP sebagai bagian dari pengembangan kompetensi melalui wadah komunitas fungsional sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. 

Dalam laporannya, ia memaparkan bahwa untuk tingkat SMP diwadahi melalui MGMP/ BK yang terdiri dari 12 mata pelajaran termasuk guru Bimbingan dan Konseling (BK) adapun jumlah personalia kepengurusan Forum MGMP/BK SMP sebanyak 14 orang yang diketuai oleh Drs. Abdul Hanan, M.Si., dan Sekretarisnya yaitu Dr. Udin Khaerudin, M.Pd.. sedangkan personalia kepengurusan MGMP/ BK SMP tingkat Kabupaten sebanyak 36 orang dan personalia kepengurusan MGMP/BK tingkat gugus sebanyak 180 orang.

Saat di temui, Drs. Abdul Hanan, M.Si selaku ketua dan di dampingi Dr. Udin Khaerudin, M.Pd. selaku Sekretaris Forum MGMP/ BK SMP Kabupaten Kuningan menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan tersebut. 

Abdul Hanan menyampaikan pula harapannya ke depan bahwa Forum MGMP/ BK SMP sebagai wadah berhimpunnya kepengurusan MGMP/BK SMP tingkat Kabupaten dan Gugus dapat melaksanakan tugas-tugas pokoknya, diantaranya mampu memfasilitasi penyusunan rencana kerja kegiatan MGMP/ BK, mengkoordinasikan pelaksanakaan program dan kegiatan MGMP/ BK, serta melaksanakan monitoring dan memberikan laporan pelaksanaan kegiatan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan. 

Disamping itu Abdul Hanan menyampaikan pula bahwa ke depan forum MGMP/ BK beserta kepengurusan MGMP/ BK dapat bersinergis dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan berserta unsur masyarakat pendidikan untuk bersama-masa berkomitmen memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kuningan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kepengurusan Forum MGMP/BK dan MGMP/BK SMP Kab. Kuningan Periode 2021/2025 Dikukuhkan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan