Hot News
26 November 2021

Kang Yasir Gelar Workshop Inovasi Pengelolaan Sampah di Desa Cileuya


suarakuningan.com - Yasir Maulana atau biasa disapa Kang Yasir salah satu dosen Prodi Manajemen FE Universitas Kuningan, Jumat, 26 November 2021 terjun ke masyarakat untuk menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu elemen dari tri dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan (pengajaran), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam PkM tahun 2021 ini Kang Yasir menggelar workshop dan FGD yang bertemakan Inovasi Pengelolaan Sampah di Desa Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan, yang mana workshop ini sebagai bentuk sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik serta untuk berdiskusi bersama masyarakat mengenai proses inovasi pengelolaan sampah dalam mendukung program Cileuya Bersih.

Kondisi eksisting pembuangan sampah warga yang masih belum terpusat di suatu TPS/TPA yang berpotensi mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan.

Melihat situasi ini Kepala Desa Cileuya, Warjo tidak tinggal diam, bersama perangkat desa, warga dan menggandeng PkM Uniku, mulai merintis program Cileuya Bersih. Warjo sudah mulai merencanakan dan mulai membangun lokasi TPA. Hari ini  bersama Kang Yasir dari Uniku menggelar workshop dan diskusi mengenai detail perencanaan inovasi pengelolaan sampah desa Cileuya kedepan sebagai pengejawantahan program Cileuya bersih.

Workshop yang dihadiri perangkat desa dan perwakilan desa ini dirasakan sangat penting bagi kepala desa maupun warga. Materi inovasi langkah-langkah pengolahan sampah individual maupun komunal cukup antusias diikuti peserta. 

Dari workshop ini tercurah beberapa pemikiran mengenai tahapan pengelolaan sampah desa Cileuya. Dimana tahapan tersebut antara lain 1) Sosialisasi pengelolaan sampah keluarga yakni pemilahan, penimbunan, pembakaran, pengomposan, pendaur-ulangan secara individual, 2) Pengumpulan dan pemindahan sampah dari petugas desa, 3) Penyediaan perlengkapan penimbunan sampah individual maupun komunal 4) Proses pembuatan TPA beserta peralatan yang diperlukan untuk penimbunan, pengomposan, pemusnahan dan pendaur-ulangan 5) Pengumpulan sampah di TPA, 6) Proses penimbunan, pengomposan, pemusnahan dan pendaur-ulangan di TPA secara komunal kumulatif 7) Proses pembentukan bank sampah. 

Mindset baru pengelolaan sampah desa Cileuya yang kini terbentuk menjadi fondasi penting bagi terlaksananya program Cileuya Bersih sehingga tercapainya kebersihan dan kelestarian lingkungan. 

Workshop ini tidak terhenti disini, beberapa langkah aksi baik sosialisasi maupun pelaksanaan inovasi pengelolaan sampah akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya antara Kang Yasir bersama warga Cileuya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kang Yasir Gelar Workshop Inovasi Pengelolaan Sampah di Desa Cileuya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan