Hot News
29 Desember 2021

“Ajengan Masuk Sekolah” Tema Diseminasi Hasil Penelitian di Bappeda Kuningan


suarakuningan.com - BAPPEDA Kabupaten Kuningan menggelar sosialisasi dan diseminasi hasil penelitian dan pengembangan 2021. Acara digelar di gedung GOW Jl. RE. Martadinata Kuningan, Rabu 29 Desember 2021. 

Kegiatan dibuka oleh Kabid PDE Litbang Bappeda Tatiek Ratna Mustika, S.Sos.,Mt. Dalam sambutan disampaikan bahwa kegiatan diseminasi tersebut sebagai upaya bappeda untuk mendapatkan masukan dan pengembangan kabupaten kuningan. 

“di masa mendatang harapannya pembangunan mengakomodir saran-saran dari para peneliti dan akademisi. Acara sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan ke 4 yang dilaksanakan pada tahun 2021,” ujarnya. 

Narasumber pada kegiatan tersebut Dr. Iman Subasman, M.Si, Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Tema hasil penelitian yang disampaikan Ajengan Masuk Sekolah: Model Penedidikan Karakter Di Kota Wisata. Penelitian yang dilakukan di Kabupaten Pangandaran mempunyai banyak inspirasi untuk kabupaten kuningan. Kuningan dan pangandaran sama-sama mempunyai potensi wisata berkelas nasional bahkan dunia. Namun pada aspek yang lain, karakter masyarakat khususnya pelajar harus tetap kokoh sesuai dengan nilai agama dan bangsa. 

Ajengan masuk sekolah merupakan program unggulan kabupaten pangandaran dalam menguatkan karakter para pelajar. Ratusan ulama kharismatik diturunkan ke SD dan SMP untuk mengajar langsung di kelas selama 2 jam pelajaran per pekan. Melalui pembelajaran Tauhid, Fiqh, Akhlaq, Al Quran dan praktik ibadah pangandaran berhasil meningkatkan raport karakter SD dan SMP di tingkat Jawa Barat, demikian yang disampaikan Dr. Iman Subasman, M.Si dalam paparannya. 

Ia juga menyarankan beberapa poin untuk penguatan karakter pendidikan di kabupaten kuningan antara lain (1) mengevaluasi kembali visi agamis di Kabupaten Kuningan (2) mengevaluai efektifitas perda diniyah (3) bekerjasama dengan stakeholder pendidikan-keagamaan untuk pendidikan karakter (4) membuat model pendidikan karakter khas kuningan dan (5) ada program daerah tentang pendidikan karakter dalam APBD. 

Kegiatan di hadiri 50 orang perwakilan dari dinas, LPPM Perguruan Tinggi dan BAPPEDA. Beberapa peserta memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. (red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: “Ajengan Masuk Sekolah” Tema Diseminasi Hasil Penelitian di Bappeda Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan