Hot News
27 Januari 2022

Soft Launching Sungai Purba Cisetra Cipedes, Bukti Geliat Inovasi Ekonomi Masyarakat Desa


suarakuningan.com - Desa Cipedes adalah salah satu desa yg terletak di kecamatan Ciniru kuningan, desa yang mempunyai kontur berbukit ini tercatat memiliki 12 mata air dengan beberapa aliran sungai dan air terjun yang cukup memanjakan mata.

Sebagai salah satu desa yang mempunyai banyak kekayaan alam, tentunya cipedes bisa menjadi salah satu alternatif pengembangan eko agro wisata baru dengan akses yang cukup terjangkau dari pusat kota kuningan bagi para penikmat "wisata adventure".

Salah satu destinasi yang bisa kita nikmati di cipedes adalah wisata Sungai purba cisetra, salah satu wisata sungai yang menyajikan dua air terjun alami dari 2 sungai berbeda dan mengalir menyatu di aliran sungai cisetra, sepanjang area menuju objek wisata  utama, pengunjung akan di manjakan hijaunya pepohonan, saung saung dan hamparan sawah yang membuat mata segar dan merasa berada di suasana sunda tempo dulu.

Sungai purba yang memiliki mata air panas ini juga konon jutaan tahun lalu disinyalir ini adalah lautan yang mencuat karena adanya pergerakan lempengan bumi, hal ini di perkuat dengan di temukannya beberapa fosil dan jenis sedimen batu.

Oleh karena itu dalam rangka memperkuat kajian geologinya, maka desa cipedes yang hari ini di pimpin A.Rusdiana atau terkenal dengan panggilan Kudew ( Kuwu Dewan )  telah mendatangkan beberapa tim dari UI untuk penjajakan kajian awal.

Kepala desa yang terkenal kepiawaiannya dalam membuat jejaring ini telah berhasil menata dan mengelaborasi alam dengan masyarakatnya sehingga terlaksana soft launching "Wisata Sungai Purba Cisetra" pada hari rabu 26 Januari 2022, terlihat banyak stakeholder yang berkesempatan hadir, terlihat ada H. Ujang Kosasi wakil ketua DPRD kuningan, Dirut Bank Kuningan & Kadis Porapar yang ikut mensuport terlaksananya launching wisata desa ini, selain itu terlihat banyak hadir pula para pegiat wisata, lingkungan dan budaya seperti kewargian sunda Abah Alam yang turut serta membawa perwakilan kewargian sunda kecil dari NTT yang ikut membantu menata keasrian dan kearifan lokal asli desa cipedes. Terlihat pula jajaran pengurus KNPI & karang taruna yang asik berdiskusi tentang pengembangan digitalisasi wisata melalu promosi media sosial.

Hal ini membuktikan bahwa desa dengan segala kekayaan typologi alamnya adalah bagian dari kekayaan potensi agro eko dan gowisata yang terbalut oleh berbagai kearifan lokal di kabupaten kuningan.

Wisata desa  sungai purba cisetra adalah bukti dari geliat inovasi masyarakat desa untuk ikut serta meningkatkan potensi wisata dan membuktikan bahwa desa bisa berkarta dengan segala sumberdaya yang ada.

Nah guys, Bagaimana dengan kalian?

Sudah tertarik untuk mencoba hiking ke sungai purba cisetra dan menikmati sajian liwet dengan sambal rebung (iwung) dan daun pepaya di bawah saung beratap rumbia di pinggir aliran sungai yang ciamik??? (Yusup Dandi Asih/Ketua DPD KNPI Kuningan )


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Soft Launching Sungai Purba Cisetra Cipedes, Bukti Geliat Inovasi Ekonomi Masyarakat Desa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan