Hot News
13 Maret 2022

Kekuasaan Adalah Amanah



Oleh Susi Susilawati


Wacana perpanjangan masa jabatan presiden terus mengemuka. Sejumlah ketua partai politik menginisiasi publik untuk menerima pemunduran jadwal pemilu 2024. Memundurkan jadwal pemilu berarti memperpanjang masa jabatan presiden. Menurut mereka, hal ini karena kondisi negara belum cukup stabil untuk menyelenggarakan pemilu pada tahun 2024. Apalagi pemilu membutuhkan biaya yang besar. Sikap presiden jokowi sendiri, yang semula menentang keras wacana perpanjangan masa jabatan presiden, mulai melunak (kompas.com, 5/3/22).

Kekuasaan memang nikmat dunia yang dicintai oleh banyak manusia. Dengan kekuasaan, seseorang bisa melakukan apa saja untuk kepentingan dirinya maupun kelompoknya, semisal memperkaya diri, menyingkirkan musuh-musuhnya dan memuaskan hawa nafsunya. 

Islam mengingatkan kaum muslim akan bahaya hubb ar-ri'asah (cinta kekuasaan).

Diantara bahaya tersebut adalah;  Pertama, mendatangkan kerusakan pada agama para pelakunya. Nabi Saw mengabarkan bahwa ambisi seseorang terhadap harta dan kedudukan bisa merusak agamanya. Tidak sedikit kasus, karena jabatan dan kekuasaan, orang menghalalkan segala cara; melakukan politik uang, mengiming-iming jabatan kepada pendukungnya; membangun pencitraan sebagai ahli ibadah, peduli rakyat, dan sebagainya. Padahal semua demi memuluskan jabatan dan kekuasaan. 

Kedua, para pemburu kekuasaan itu tidak sadar bahwa jabatan dan kekuasaan adalah amanah yang menyusahkan didunia dan bisa mendatangkan siksa bagi para pemikulnya pada hari akhir. Rasulullah Saw mengingatkan bahwa hanya para pemimpin yang punya sifat kasih sayang kepada rakyat dan adil yang akan selamat dipengadilan Allah Swt. Sikap adil pemimpin ditunjukkan dengan menegakkan syariah Islam ditengah umat. Sebabnya, tidak ada keadilan tanpa penerapan dan penegakkan syariah Islam. 

Ketiga, Nabi Saw. mengancam dan mendoakan para pemangku jabatan dan kekuasaan yang menipu dan menyusahkan rakyat. Bahkan Nabi Saw mendoakan para pemimpin yang tidak amanah, yang menyusahkan umat, dengan doa yang buruk untuk mereka. 

Dalam Islam kekuasaan itu dibutuhkan demi kemaslahatan agama dan umat. Kekuasaan dalam Islam terwujud hanya dalam bentuk pemerintahan Imamah/khilafah yang menerapkan syariah Islam, bukan dalam wujud negara demokrasi atau kerajaan.


Kekuasaan yang disyariatkan Islam bertujuan: 

Pertama, mengatur urusan dunia kaum muslim dan seluruh warga negara dengan syariah Islam. Dengan kekuasaan, Khalifah akan mengelola sumber daya alam agar bermanfaat bagi segenap warga. 

Kedua, kekuasaan juga dibutuhkan untuk menjaga dan melaksanakan urusan agama seperti melaksanakan hudud untuk melindungi kehormatan, harta dan jiwa masyarakat. Khalifah bersama aparat keamanan dan para hakim akan menjaga perdagangan ditengah masyarakat agar terhindar dari kecurangan juga mencegah muamalah ribawi. Dengan kekuasaan pula, Islam akan disebarkan keseluruh dunia dengan dakwah dan jihad.

Oleh sebab itu, wahai kaum muslim, apalah artinya kekuasaan jika tidak ditujukan untuk menegakkan hukum-hukum Allah Swt, malah digunakan untuk kepentingan oligarki. Tegakkanlah kekuasaan dijalan Allah Swt akhirat.


Wallahu'alam bishshawab.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kekuasaan Adalah Amanah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan