Pelatih Pagar Nusa Kuningan Ikuti Diktama Kopasda Pasukan Inti Jabar



suarakuningan.com - Sebanyak 16 pelatih Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU)  Pagar Nusa Cabang Kuningan mengikuti Pendidikan Pertama Komando Pasukan Daerah (Diktama Kopasda) Pasukan Inti Jawa Barat di Kabupaten Purwakarta, Jumat-Minggu (27-29/5/2022).

Ketua Pimpinan Cabang  Kuningan PSNU Pagar Nusa, Gugum Wibawa Gumbira, M.Pd mengatakan, melalui Diktama akan mencetak kader untuk menjadi pasukan inti yang mempunyai kemampuan ke Pagar Nusaan, pengetahuan dan skill khusus. Menurut informasi bahwa Diktama ini diikuti Pimpinan Cabang Pagar Nusa se-Jawa Barat sekitar 300 pelatih.

"Pasukan inti merupakan komponen internal Pagar Nusa yang memiliki peran dan tugas menjaga dan  mengawal  NU dan Bangsa. Usai Diklat Pasukan Inti juga akan  mengamalkan  ilmunya kepada kader/pesilat lainnya yang ada di wilayah masing-masing," ujarnya.

Sementara Ketua Pimpinan Cabang Wilayah Jawa Barat PSNU Pagar Nusa , H. Asep Saepudin Saipulmillah, SE saat berada dilokasi Diklat  menerangkan, Pasukan Inti bukan sekadar mampu mengaplikasikan berbagai jurus silat atau kondisi tertentu yang menghendakinya. Lebih dari itu, mereka juga wajib memahami dan hafal berbagai amalan yang dilakukan dan ditradisikan Nahdliyin.

Untuk rangkaian kegiatan selama 3 hari disebutkan Asep Saepullah, di hari pertama   diawali Upacara Pembukaan, Pengenalan Keorganisasian oleh Sekretaris PW Pagar Nusa Jawa Barat, Moch An'am Nazily, SE, Latihan jurus baku Pagar Nusa,  dan ada  Ziarah ke Makam Karomah Syekh Bang Yusuf. 

Dihari kedua  Senam Jurus Baku, Latihan Baris-Berbaris dengan instruktur dari TNI-Polri, Penerimaan Materi Penanggulangan Bencana, Materi Ke Pagarnusaan dan Ke Awasjaan, Materi Ke NU an oleh KH Juhadi Ketua PWNU Jawa Barat   dan Materi Pasukan Inti. Dilanjut PO dan Juknis Pasti, dan Aurod khusus dan Ijazah, setelah itu Pendalaman Jurus Beladiri Praktis dan Pamwal, untuk malamnya Ziarah ke Makom Karomah Mama Sempur.

Dihari terakhir  diisi dengan  Senam Jurus Baku, SOP Pengamanan dan Keprotokolan, Napak Tilas Nusantara, Postes dan terakhir ada Istighosah, pembekalan oleh Abah Duloh Majelis Pendekar Jawa Barat, dilanjutkan penutupan. (HMS-PAGAR NUSA KNG)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatih Pagar Nusa Kuningan Ikuti Diktama Kopasda Pasukan Inti Jabar "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.