"Perahu Oyag" Juara Pawai Obor Desa Caracas



Suarakuningan.com - Malam Idul Fitri 1443 Hijriyah di Kabupaten Kuningan, tepatnya di Desa Caracas  Kecamatan cilimus  dimeriahkan Pawai Obor dan pentas seni antar dusun . Pawai yang diikuti ratusan peserta yang terdiri dari usia sekolah, remaja, dan dewasa itu, dilepas langsung oleh Camat Cilimus  Cece Hendra Krissianto, S.STP, M.Si, ditandai dengan penyerahan lampu obor  pertama, Minggu ( 1/5/2022) malam.


Turut hadir pada kesempatan tersebut,  Kepala Desa Caracas  beserta jajaran perangkat, Lembaga Desa, Tokoh Agama, serta tokoh masyarakat setempat.


Sebelum melepas peserta pawai, pa camat menyampaikan, pelaksanaan pawai obor merupakan sebuah tanda berakhirnya bulan Ramadan, sekaligus bentuk kegembiraan rasa syukur setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa ramadan.


“Pawai Obor ini merupakan tradisi masyarakat yang dilaksanakan pada malam lebaran dengan berkeliling desa sambil mengumandangkan takbir dan pukul bedug. Kegiatan ini, juga dilakukan sebagai pertanda berakhirnya bulan Ramadhan. Ini merupakan hal positif, dimana kita konsisten memperkenalkan adat dan tradisi yang ada di lingkungan masyarakat kepada generasi muda,” 


Camat juga mengingatkan seluruh peserta, agar pelaksanaan Pawai Obor tetap menerapkan protokol kesehatan.


“Masyarakat sudah rindu dengan kemeriahan-kemeriahan yang biasa dilaksanakan, salah satunya adalah pawai obor. Selama dua tahun lebih tidak ada kegiatan-kegiatan seperti ini (red_pawai obor) karena pandemi Covid-19. Sekarang bersyukur bisa kita laksanakan, namun dengan catatan tetap menjalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.


Ketua pelaksana Yanto Supriyatna menjelaskan bahwa  Pawai Obor yang dinamai Ngabring (Ngaji Bareng Barudak S'Sinting) tidak hanya pawai obor tapi menampilkan kreasi dari tiap dusun juga yang akhirnya di lombakan dan Juara pertamanya dari Dusun Wage dengan andalan perahu oyag.

“Semoga di tahun depan kita di pertemukan lagi dengan bulan pusa serta idul fitri aamiin. Saya haturkan terima kasih buat semua pihak yang telah membantu atas terselenggara nya kegiatan ini,” pungkasnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Perahu Oyag" Juara Pawai Obor Desa Caracas"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.