Kades Tangkolo Sangat Mengapresiasi KKN Tematik LLDIKTI 16 Kampus Jabar Banten di Desanya

 



suarakuningan.com - Genap Sepekan Melaksanakan KKN Tematik LLDIKTI IV Jawa Barat dan Banten, 19 Mahasiswa dari 16 perguruan tinggi Padati Kegiatan di Desa Tangkolo Subang Kuningan


Dalam rangka menyongsong tema 'Perkembangan Potensi Perekonomian Desa,' 19 mahasiswa yang terdiri dari 16 perguruan tinggi tingkat Jawa Barat dan Banten melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) IV di Desa Tangkolo Kecamatan Subang  Kabupaten Kuningan. Dalam sepekan ini telah berhasil melaksanakan beberapa kegiatan yang mencakup ; Bakti Kesehatan, Bakti Pendidikan dan Bakti Masyarakat.



Menurut Kepala Desa Tangkolo, Yoyo Sunaryo dirinya menyambut dan mendukung  penuh kegiatan yang dilaksakan oleh mahasiswa, terutama pada KKN kali ini terdapat berbagai perguruan tinggi dari Wilayah Jawa Barat dan Banten


“Salah satu kegiatan mahasiswa KKN tersebut di bidang kesehatan melalui kegiatan penyuluhan tentang Kekurangan energi Kronik pada ibu-ibu hamil di Puskesmas Pembantu (Pustu). Mahasiswa juga ikut berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan rutinan di desa seperti kegiatan posyandu dan membantu penyelenggaraan  pelayanan kesehatan di Pustu. Ini sangat membantu kami.” Jelasnya.


Bakti kesehatan juga diwujudkan dalam partisipasi kegiatan yang diselenggarakan secara rutin yakni kegiatan Posbindu pada 25 Juli 2022 kemarin. Pelaksanaan posbindu diantaranya ada pengecekan tekanan darah, gula darah sewaktu (GDS) dan pemeriksaan lainnya. Dalam kegiatan ini juga terdapat pemeriksaan mata yang berkolaborasi dengan Eye Center Kuningan.


Selain ikut aktif kegiatan di lingkup desa, mahasiswa  turut partisipasi dalam kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan oleh Kecamatan Subang yang berkolaborasi dengan PMI Kabupaten Kuningan pada Rabu, 20 Juli 2022.


Di bidang pendidikan, mahasiswa turut aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah-sekolah dasar yang ada di Desa Tangkolo. Pembelajaran dilaksanakan disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan.


Tak hanya sekolah dasar, sekolah Madrasah Aliyah yang ada di Desa Tangkolo juga menjadi sasaran bakti pendidikan. Kepala Sekolah MA Plus Mandalawangi Desa Tangkolo, Momon Ma'Mun S.Pd. menyambut dengan baik kedatangan mahasiswa KKN terbukti dengan melibatkannya dalam kegiatan Matsama atau Masa Ta'aruf Siswa yaitu untuk memberikan penyuluhan tentang balut bidai. Demi meningkatkan pengetahuan dan perilaku sehat pada remaja di Desa Tangkolo, mahasiswa juga melaksanakan edukasi terkait Triad KRR.


Dikatakan salah satu peserta KKN, Muhammad Fayyad Hasbiyallah yang merupakan mahasiswa dari Universitas Pelita Bangsa Kabupaten Bekasi, disamping kegiatan di sekolah, mereka juga melaksanakan kegiatan belajar mengajar di posko KKN Tematik


“Kami membuat "saung belajar" di Posko KKN Tematik untuk kegiatan tambahan belajar mengajar bagi mereka siswa – siswi tingkat Sekolah Dasar. Alhamdulillah anak – anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini.” Terangnya.


Terlepas bakti kesehatan dan bakti pendidikan, bakti masyarakat juga merupakan fokus utama dalam kegiatan KKN ini. Dalam pelaksanaannya mahasiswa ikut serta dalam kegiatan masyarakat Tangkolo, seperti pengajian ibu-ibu sampai pengajian remaja mesjid atau karangtaruna serta banyak lagi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kades Tangkolo Sangat Mengapresiasi KKN Tematik LLDIKTI 16 Kampus Jabar Banten di Desanya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.