Langkah Tepat Mencuci Tangan Pakai Sabun Antisipasi Bahaya Penyakit Pada Anak- Anak



suarakuningan.com - Kesehatan pada anak- anak merupakan satu langkah pasti dalam mencegah beberapa penyakit yang terjadi pada anak- anak. Salah satu langkah yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Jawa Barat Banten 2022 dengan melaksanakan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang dilakukan pada anak- anak. Dalam kegiatan KKNT LLDIKTI IV 2022 kami mempunyai program untuk menigkatkan pengetahuan pada anak- anak terkait dengan menjaga kesehatan pada anak- anak.

Salah satu fokus yang menjadi pengabdian ini kami mensosialisasikan kegiatan cuci tangan pakai sabun dengan target utama anak- anak sekolah dasar di Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.  



“Kami memiliki tujuan utama dalam program pengabdian yang dilakukan di Desa Bayuning ini, yaitu untuk meningkatkan pemahaman anak- anak terkait tentang kesehatan mencuci tangan pakai sabun, hal tersebut sesuai dengan bidang keahlian yang kami pelajari di perguruan tinggi. Fokus program ini memiliki tujuan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan meningkatkan pengetahuan anak-anak sekolah dasar. ujar Mashuri Aji Wijaya, ketika ditemui di lokasi pengabdian, Sabtu 13 Agustus 2022.”

Penyuluhan program prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui cuci tangan pakai sabun pada pendidikan anak sekolah dasar ini berfokus pada kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS), sedangkan manfaat yang didapatkan bagi anak-anak agar mengenal pola hidup bersih dan sehat dengan baik dan benar. 

“Adanya program pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui cuci tangan pakai sabun di sekolah yang dilakukan oleh adik- adik KKNT LLDIKTI IV Jawa Barat dan Banten ini bermanfaat sekali untuk mendorong pemahaman anak- anak agar membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun sebelum makan atau sesudah makan. ujar kepala sekolah SDN 1 Bayuning Didi Wahyudin S.Pd. Sabtu, 13 Agustus 2022.”

Selain manfaat melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS) tim pengabdian KKNT juga melakukan sosialisasi bahaya yang didapatkan anak- anak jika tidak melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun. Diantara bahaya  yang akan terjadi jika tidak melakukan hal tersebut antara lain mudah kena pilek, diare, keracunan makanan, hepatitis A, terinfeksi bakteri E.coli, penyakit cairan tubuh, dan impetigo.

Sebaiknya, semua pihak tidak abai dengan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS) demi menjaga kesehatan pada tubuh kita dan daya tahan tubuh yang dimiliki.( Mashuri Aji Wijaya/red)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Langkah Tepat Mencuci Tangan Pakai Sabun Antisipasi Bahaya Penyakit Pada Anak- Anak"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.