Kuningan Bakal Jadi Tuan Rumah “Hari Penglihatan Sedunia 2022”

 


suarakuningan.com – Kabupaten Kuningan ditunjuk Indonesia sebagai penyelenggara kegiatan “Hari Penglihatan Sedunia 2022” yang direncanakan tanggal 16 Oktober 2022.

Hari Penglihatan Sedunia adalah hari kesadaran tahunan yang diadakan pada hari Kamis kedua bulan Oktober, untuk memusatkan perhatian Dunia pada gangguan penglihatan, termasuk kebutaan. 

Alasan ditunjuknya Kabupaten Kuningan diantaranya adalah karena di Kuningan tercatat “Penghargaan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Pendonor Mata kepada Desa Manislor, Kuningan – Jawa Barat, sebagai Rekor Nasional untuk Desa dengan warganya terbanyak Pendonor Mata, sebanyak 1.516 orang.” Piagam diberikan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana, 22 Juli 2022.

Keluarga Donor Mata Manislor Mendapat Penghargaan

Menurut Ketua Panitia “Hari Penglihatan Sedunia 2022” DR. Deni Hamdani, M.Si melalui Wakil Ketua Rusdi Sriwiyata S.PKP rencana kegiatan akan dilaksanakan Jalan Santai 1000 peserta,  finish di Pendopo Kuningan, lalu Talshow dan sosialisasi Donor Kornea Mata, serta pemberian penghargaan.

Rusdi yang juga Ketua Pendonor Mata Kuningan menyampaikan Menurut data Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, angka kebutaan penduduk Indonesia secara nasional adalah 1,5% dari total penduduk atau sekitar 3,7 Juta orang, dimana 2 juta Tuna Netra sebetulnya berpotensi dapat disembuhkan, namun pendonor mata yang ada masih sangat sedikit yaitu 13.000 orang.

Diharapkannya melalui kegiatan peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2022 di Kabupaten Kuningan ini juga akan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai donor kornea mata dan menggugah kepedulian masyarakat untuk dapat menjadi calon donor mata.

"Mari sukseskan Hari Penglihatan Sedunia 2022 di Kabupaten Kuningan," ajaknya.(red)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuningan Bakal Jadi Tuan Rumah “Hari Penglihatan Sedunia 2022”"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.