Hot News
29 September 2022

Pentas Seni Budaya, Aneka Kuliner dan Munday Semarakkan Puncak HUT ke 42 Desa Bangunjaya

Munday di Sungai Cai Monte Desa Bangunjaya Kec. Subang


suarakuningan.com - Peringatan Hari Jadi Desa Bangunjaya momentum mensyukuri kemajuan Desa Bangunjaya. Serangkaian acara kegiatan olahraga, budaya, permainan, pesta rakyat serta keagamaan.

Hari ini, Kamis (29/09/2022) menjadi puncak acara Peringatan diisi dengan beragam pentas seni budaya dan aneka kuliner. Bertempat di Lapang Desa Bangunjaya Kecamatan Subang.



Ateng Jaelani selaku ketua panitia dalam sambutannya  mengungkapkan momentum ini sebagai awal dari perkembangan masyarakat, serta pada acara puncak ada sesi pembacaan sejarah tujuannya biar masyarakat tau asal-usul pamekaran atau berdirinya Desa Bangunjaya ini. 

Kepala Desa Bangunjaya, Mohamad Ridwan mengungkapkan rasa syukurnya, menurutnya momen acara ulang tahun Desa Bangunjaya ialah pertama dilaksanakan dalam beberapa tahun ke belakang karena pandemi. Semoga di usianya yang menginjak 42 tahun kita dapat mengembangkan potensi kita didalamnya khususnya sumber daya alam sebagai dasar visi tahun ini.

Kepala Desa Bangunjaya, Mohamad Ridwan


"Acara ini dari masyarakat oleh masyarakat buat masyarakat yang artinya kita bangun momentum ini sebagai awal dasar kemajuan daerah kita dari berbagai rundown kegiatan yang kita laksanakan dalam sektor olahraga, budaya, seni serta pesta rakyat Alhamdulillah terealisasi

Kekompkan harus terus kita jaga gotong royong runtut raut sauyunan sebagai landasan pertama untuk kemajuan perkembangan desa," ujarnya

Kegiatan puncak peringatan ini dilaksanakan sejak pukul 08.00 dengan kegiatan pertama pentas seni dari anak-anak SD,MI,TK & PAUD. Dilanjutkan ada beberapa kreasi ibu-ibu PKK olahan masyarakat “pasar amal masyarakat” serta pembacaan sejarah berdirinya Desa Bangunjaya dan banyaknya penyambutan antusias oleh masyarakat setempat sehingga lancarnya kegiatan tersebut.  

Milangkala ke 42 Desa Bangunjaya Tasyakuran dengan Sedekah Bumi

Selanjutnya, kegiatan terakhir dilaksanakan tradisi “Munday” di Sungai Cai Monte pada pukul 13.00  yang dibuka langsung oleh Camat Subang, Denny Rosmayadi, S.STP,M.Si .

Camat Subang, Denny Rosmayadi, S.STP,M.Si 

 

Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat dimana hampir 2 tahun lamanya masyarakat tidak merasakan momentum munday. Munday atau marak sendiri ialah mengambil ikan ramai-ramai di sungai ada yang menggunakan Anco, sirib, ayakan, ngobeng atau lintar. Hal ini menjadikan keseruan tersendiri bagi masyarakat Bangunjaya. 

Munday (Ngabedahkan dawuan) ini menjadikan tradisi ungkapan kegembiraan dan syukuran masyarakat Desa bangunjaya atas banyaknya ikan di sungai.(rezki)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pentas Seni Budaya, Aneka Kuliner dan Munday Semarakkan Puncak HUT ke 42 Desa Bangunjaya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan