Hot News
14 Desember 2022

Kilau Matematika Terangi Kemajuan Teknologi Bangsa


Oleh Mabrur Abdurrahman

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Al-Ihya Kuningan


Apabila sebuah rencana telah menjadi nyata dan didorong oleh inovasi yang kemudian menjadi bukti. Dengan sadar ataupun tanpa kita sadari bahwa setiap inchi anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada umat manusia, tengah menjadi sebuah alasan mengapa kemajuan teknologi saat ini begitu pesat dan berkembang. Teknologi informasi maupun komunikasi saat ini dapat dengan mudah diakses menggunakan sebuah perangkat inovatif yang diciptakan untuk memudahkan akses informasi dan komunikasi serta terdapat banyak sekali fitur didalamnya, sehingga sudah cukup bukti bahwa kita dan kemajuan teknologi tengah berdampingan.

Mirisnya semakin pesat perkembangan teknologi seolah kehidupan berbudaya masyarakat dan rasa kepeduliannya terhadap pendidikan. Bagaimana tidak, kita dapat melihat dengan seksama generasi generasi penerus bangsa yang kami harapkan dapat membawa perubahan bagi agama, keluarga dan negara ke arah yang lebih baik justru malah senang bermain game atau menonton video dibeberapa sosial media melalui hanphone. Apakah salah? tidak, jika perkembangan teknologi saat ini dapat menjadikan sebuah alat praktis yang dapat meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap sosial dan budaya di negara kita. Sehingga berkembangnya teknologi akan sama berkembangnya dengan rasa sosial dan kepedulian terhadap budaya. Karena menurut saya, sosial budaya yang kuat dan melekat di masyarakat jika didukung oleh kemajuan teknologi saat ini akan lebih meningkatkan kualitas hidup kita.

Kondisi memprihatinkan seperti inilah yang kita tengah hadapi, tentunya sebagai mahasiswa yang memiliki satu dari beberapa ciri daripada mahasiswa itu sendiri, yaitu Pembawa perubahan atau Agent of change. Tentu kita memiliki sebuah ciri yang tidak ada pada selain mahasiswa, menjadi tanggung jawab yang mulia ketika kita mampu menjadi pembawa perubahan ke arah yang lebih baik demi kebaikan dan keberlangsungan hidup bersama. Kita tidak hanya dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi, namun tetap berinteraksi dengan rasa sosial yang tinggi dan  peduli terhadap budaya negeri. Kaya akan ilmu pengetahuan agar dapat mendorong motivasi belajar. Dari sekian banyak pelajaran yang bisa menjadi inovasi di bidang sosial budaya dan mendukung kemajuan teknologi. Matematika dapat berperan menjadi salah satu cara yang tepat untuk menginovasi masyarakat di bidang teknologi. Guna menyongsong indonesia emas di tahun 2045 mendatang. Selain karena agar tidak asal dalam melakukan sesuatu, kita juga dapat memperhitungkan dampak baik dan buruknya ketika sebelum melakukan sesuatu. Karena matematika bukan hanya tentang hitungan, akan tetapi menjadi peran penting yang berguna bagi kehidupan sosial. Sebagaimana definisi dari Matematika sendiri yaitu,

Peran matematika sebagai inovasi di Bidang Teknologi

Matematika secara umum didefinisikan sebagai ilmu yang berhubungan dengan angka. Ini melibatkan operasi di antara angka, dan juga membantu kita menghitung harga suatu produk, berapa banyak, dan Jika kita pandai matematika sehingga kita dapat menghitung dengan sangat cepat. Matematikawan dan ilmuwan mengandalkan prinsip-prinsip matematika dalam kehidupan nyata mereka untuk bereksperimen dengan hal-hal baru setiap hari. terkadang banyak orang yang mengatakan bahwa “Saya tidak suka matematika” dan "Matematika adalah mata pelajaran yang tidak berguna." Itu adalah salah karena tanpa matematika hidup justru sulit untuk bertahan. Matematika memiliki solusi dan manfaat di setiap bidang. Berikut merupakan berapa manfaat Matematika dalam kehidupan kita sehari-hari diantaranya, matematika dapat menjadi peran sebagai inovasi di bidang pendidikan, ekonomi, teknologi, sosial dan budaya.

Diantara ke 4 bidang tersebut, peran Matematika sebagai inovasi di bidang teknologilah yang menurut saya begitu penting untuk menyongsong Indonesia emas di tahun 2023 mendatang. Dibalik kemajuan yang pesat, ada nilai matematika yang mendukung kemajuan tersebut. Inovasi inovasi terbaru dari dalam maupun luar negeri juga tidak luput dari peran matematika, baik dalam proses menciptakan sesuatu atau dalam hal perkembangan. Segalanya sudah dihitung dan dipersiapkan dengan matang, sehingga dapat kita rasakan kemajuannya sampai dengan sekarang. Misalnya dalam membuat sebuah Handphone, tentu pihak perusahaan akan menghitung jumlah modal yang dikeluarkan, berapa keuntungan yang akan mereka dapat, dan lain sebagainya, ini menjadi bukti bahwa ada peran matematika didalamnya. 

Maka dari itu, peran matematika sangatlah penting terutama dalam bidang teknologi. Dengan terus berinovasi menciptakan hal baru berhubungan dengan kemajuan teknologi saat ini  yang diantaranya sebuah metode atau alat belajar Matematika bagi para siswa guna mempermudah mereka dalam menerima materi pembelajaran. Selain itu, kita juga dapat mengembangkan sebuah metode berhitung cepat kepada siswa untuk sebuah perlombaan atau olimpiade, baik nasional maupun internasional.

Tidak hanya siswa, atau pelajar. Kita juga bisa berinovasi dengan menciptakan sebuah alat yang berguna untuk pertanian dengan peran matematika didalamnya, tujuannya agar modal yang kita keluarkan tidak lebih banyak dari untung yang kita peroleh. Didukung dengan teknologi canggih, membuat segala sesuatu menjadi lebih cepat dan praktis. Namun tetap tidak memiliki resiko yang tinggi. Peran matematika sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan hidup manusia, ditengah kemajuan teknologi saat ini, jangan pernah kita tertinggal dengan terus belajar dan mengajarkan Matematika. Teknologi yang canggih tanpa didukung oleh matematika, adalah hampa. 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kilau Matematika Terangi Kemajuan Teknologi Bangsa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan