Hot News
12 Februari 2023

Babarit Desa Cikondang, Tasyakur dan Menjaga Nilai Budaya Warisan Leluhur



suarakuningan.com - Sebagai wujud rasa syukur atas kecukupan hidup, hasil pertanian, dan rejeki melimpah yang diberikan oleh Allah SWT, Pemerintah Desa Cikondang Kecamatan Hantara menyelenggarakan tradisi adat Desa “Babarit” yang bertempat di alun-alun Desa Cikondang, Minggu malam (12/02/2023). Acara rutin 3 tahunan ini dihadiri oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H.,M.H.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Muspika Kecamatan Hantara, Kepala Desa se-Kecamatan Hantara, BPD, para perangkat Desa, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Organisasi kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, para sesepuh desa  dan  alim ulama.

Kepala Desa Cikondang, Lia Nuryanah, S.P sekaligus ketua panitia acara, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kuningan karena menyempatkan waktu untuk hadir  di acara Babarit Desa Cikondang ditengah-tengah kesibukan acara kedinasan. “Dimana acara ini tak lain untuk merawat dan meruwat tradisi sunda untuk kita wariskan turun temurun ke anak cucu kita” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H.,M.H, menjelaskan bahwa Babarit Desa Cikondang ini agar dapat ditiru dan menjadi contoh desa lain di Kabupaten Kuningan. “Yang mana acara ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan sekalian alam yang telah memberikan kelimpahan hasil pangan yang di harapkan warga desa.”

“Saya juga mendorong kepada segenap petani, baik angkatan tua maupun milenial untuk dapat berdikari dalam mengolah hasil tani untuk dapat diolah sehingga menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Seperti contohnya hasil tani Kopi, saya ingin suatu saat nanti ada pengrajin Kopi Cikondang yang dapat mengolah kopinya menjadi produk lokal kebanggan” Ungkap Bupati Acep.

“Babarit harus di wariskan kepada anak cucu kita sebagai cerita dan tradisi kebudayaan sunda yang kita banggakan. Semoga acara ini dapat terus dilakukan sebagai pengingat kita akan rasa sukur. Saya juga doakan, di tahun-tahun ke depan, hasil pertanian akan meningkat, sehingga masyarakat mempunyai ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi” Lanjut Bupati Acep.

Pada kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis kepada masyarakat sekitar berupa celengan dari kaleng yang merupakan hibah dari Bank Kuningan sebanyak 70 buah. “Semoga ini dapat kembali mengingatkan kepada warga kita tentang pentingnya menabung.” Kata Bupati Acep.

Acara di lanjutkan dengan Sholat Maghrib berjemaah, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan tradisi dan penampilan-penampilan yang mengisi acara Babarit Desa Cikondang. Nampak warga antusias dalam melihat pertunjukan dan hiburan masyarakat ini. (BagProkompim/SetdaKuningan)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Babarit Desa Cikondang, Tasyakur dan Menjaga Nilai Budaya Warisan Leluhur Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan